Show simple item record

dc.contributor.authorHILMI, Ibnu Adib
dc.date.accessioned2024-06-06T02:40:15Z
dc.date.available2024-06-06T02:40:15Z
dc.date.issued2024-05-06
dc.identifier.nim200810301142en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121082
dc.description.abstractDalam era pasar bebas yang kompetitif, persaingan antar perusahaan semakin ketat, tidak hanya soal keuntungan tetapi juga memerlukan praktik bisnis berkelanjutan dengan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, dan masyarakat. Praktik ini dianggap sebagai strategi bisnis yang meningkatkan kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan kebutuhan stakeholder saat ini dan masa depan. Konsep Triple Bottom Line (TBL) mencakup profit, people, planet, memungkinkan perusahaan memperoleh keberhasilan jangka panjang dengan memberikan manfaat bagi aspek sosial dan lingkungan. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik dapat meningkatkan loyalitas konsumen, sementara Islamic Social Reporting (ISR) memperkuat praktik syariah dalam laporan sosial perusahaan, mengikuti permintaan pasar dan menunjukkan komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Pengungkapan ISR berpotensi meningkatkan return saham perusahaan, memperoleh manfaat seperti peningkatan reputasi, kepercayaan stakeholder, dan akses ke pasar yang lebih luas. Penggunaan Return on Equity (ROE) dan Price to Earning Ratio (PER) memperjelas bagaimana pengungkapan ISR berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Penelitian sebelumnya beragam hasil, salah satu menunjukkan bahwa pengungkapan ISR memiliki dampak positif terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan secara signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder dari laporan tahunan, laporan keberlanjutan, dan website www.idx.co.id pada perusahaan-perusahaan dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2020-2022. Penggunaan data panel melibatkan kombinasi data time series dan cross section. Populasi penelitian adalah perusahaan dalam JII, dipilih dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Variabel independen adalah Islamic Social Reporting (ISR), diukur melalui analisis konten terhadap laporan-laporan dengan 48 indeks ISR. Variabel dependen adalah Return on Equity (ROE) dan Price to Earning Ratio (PER). Variabel kontrol adalah ukuran perusahaan pada aset perusahaan. Metode analisis meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi data panel dengan pemilihan model antara Common Effects Model, Fixed Effects Model, dan Random Effects Model. Uji hipotesis melibatkan uji F untuk pengaruh simultan, uji t untuk pengaruh parsial, dan koefisien determinasi (R2 ) untuk menjelaskan kualitas persamaan regresi. Hasil dari metode analisis bahwa pengungkapan Islamic Social Reporting memiliki dampak positif terhadap profitabilitas perusahaan, menunjukkan peningkatan ROE. Hal ini didukung oleh temuan bahwa transparansi perusahaan meningkatkan citra dan loyalitas konsumen, yang berujung pada peningkatan penjualan dan profitabilitas. Namun, pengungkapan tersebut tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena investor dalam perusahaan syariah cenderung tidak memperhatikan pengungkapan ISR, karena ekspektasi terhadap kepatuhan syariah seharusnya sudah ada. Pengungkapan Islamic Social Reporting juga tidak memiliki pengaruh pada nilai perusahaan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening karena Islamic Social Reporting tidak hanya fokus pada aspek keuangan, tetapi juga pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islamen_US
dc.description.sponsorshipDPU Bayu Aprillianto, S.E., M. Akun. DPA Kartika, S.E., M.Sc, Ak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectIslamic Social Reportingen_US
dc.subjectJakarta Islamic Indexen_US
dc.subjectProfitabilitasen_US
dc.subjectNilai Perusahaanen_US
dc.titlePengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2020-2022)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Akuntansien_US
dc.identifier.pembimbing1Bayu Aprillianto, S.E., M. Akun.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kartika, S.E., M.Sc, Ak.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Juni 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 06en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record