dc.description.abstract | Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Design Animaker
Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan, SMA/MA Kelas X; Moch.Ilzam;
190210303005: 2023; 63 halaman; Jurusan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Perkembangan abad 21 ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat
pesat. Guru merupakan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa dan diabadikan
dalam UUD 1945. Media pembelajaran adalah cara penyampaian materi dari guru
kepada siswa. kenyataannya media pembelajaran yang digunakan guru tidak
sepenuhnya memanfaatkan teknologi. Guru dapat memanfaatkan kemajuan
teknologi dalam menciptakan lingkungan belajar dengan aplikasi animaker.
Tujuan menurut penelitian merupakan buat mengetahui validitas produk
pengembangan video pada materi geografi berbasis design animaker materi
pengetahuan dasar pemetaan, SMA/MA kelas X .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan
desain penelitian ADDIE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di lokasi MAN 2 Jember. Saat
penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS semester gasal tahun ajaran 2022/2023.
Rentang Kelas X IPS dibagi menjadi dua kelas kecil dan satu kelas besar. Sarana
komunikasi yang digunakan dalam pembelajaran diverifikasi oleh tiga orang
validator yaitu media, materi, praktisi/guru. Hasil tanggapan siswa terhadap
lingkungan belajar ditentukan dengan menyebarkan angket kepada siswa.
Hasil penelitian ini merupakan karya penelitian pengembangan yang
sudah dilaksanakan dan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran
geografi berbasis aplikasi animaker dari materi pengetahuan dasar pemetaan
SMA/MA, yang sudah diuji dari validator materi, media dan praktis. Video
pembelajaran geografi ini sudah dilaksanakan dalam penelitian dan di terapkan
disekolah untuk mendapatkan respon siswa yaitu di kelas X IPS menjadi kelas
kecil dan kelas besar di MAN 2 Jember. Perolehan dari 3 validator ahli media
niliai rata rata 3,4, ahli materi 4,5, ahli praktisi 3,94 kemudian nilai rata rata kelas
kecil dan besar 4,38 & 4,28.Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media didapatkan hasil rata-rata 3,4
dengan kategori valid. Validator ahli materi melakukan penilaian terhadap media
pempebelajaran berdasarkan aspek desain pembelajaran. Hasil validadator materi
didapatkan dengan nilai 4,5 yang termasuk dalam kategori valid. Validasi oleh
praktisi dari tiga asspek desain pembelajaran, rekayasa, penampilan Visual
memperoleh rata-rata 3,94 yang termasuk dalam kategori Valid. Berdasarkan
hasil validasi yang dilakukan oleh validator dapat disimpulkan bahwa penilaian
validitas media dapat dikatakan valid sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran.
Berdasarkan data yang di peroleh pada hasil dan analisis dapat disimpulkan;
hasil produk pengembangan pada penelitian ini sudah memperoleh validitas
sebagai berikut, Validitas media didapatkan dari validator (ahli media, ahli materi,
ahli praktist pembelajaran geografi) dengan perolehan hasil 3,94 sangat valid
yang berarti media tidak memperoleh perbaikan serta sangat memenuhi kelayakan
untuk di implementasikan ke model pembelajaran materi geografi di sekolah.
Respon siswa didapatkan dari sesi implementasi di 2 kelas terdiri dari X IPS 3
kelas besar sebanyak 30 siswa dan X IPS 4 kelas kecil terdiri dari 15 siswa MAN
2 Jember dengan jumlah 45 siswa/ responden mendapatkan nilai rata rata total
4,38 respon yang sangat baik. | en_US |