dc.contributor.author | MAHARANI, Ane Zam Zam | |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T07:46:03Z | |
dc.date.available | 2024-06-04T07:46:03Z | |
dc.date.issued | 2023-06-13 | |
dc.identifier.nim | 190210205017 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120935 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Juni 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Guru harus mengendalikan perilaku agresif yang sering terjadi pada kelas
Ali Bin Abi Tholib KB Al Baitul Amien Jember karena mereka dapat memiliki
dampak berbahaya pada siswa lain. Perilaku ini meliputi memukul, melempar
mainan ataupun barang yang ada disekitarnya, menendang teman sekelas ketika
mereka berebut alat permainan, dan mendorong teman-teman sekelas saat
keinginan mereka tidak terpenuhi. Maka dari itu guru kelas dimenggunakan time
out sebagai salah satu cara untuk memodifikasi prilaku pada anak, yang mana
pemberian time out ini sendiri bertujuan untuk memberikan waktu luang kepada
anak agar dapat berpikir tenang mengenai apa yang telah anak lakukan ketika
berperilaku agresif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Adakah pengaruh penerapan
Time-Out terhadap agresivitas fisik anak usia 2-3 tahun di kelas Ali Bin Abi
Tholib KB Al Baitul Amien Patrang Jember?”. Adapun tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan Time-Out terhadap
agresivitas fisik anak usia 2-3 tahun di kelas Ali Bin Abi Tholib KB Al Baitul
Amien Patrang Jember.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan penelitian eksperimental, yang
menggunakan desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di KB
Al Baitul Amien Patrang Jember pada tahun 2022/2023. Dokumentasi dan
observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas butir pada penelitian
ini yaitu menggunakan rumus tata jenjang, sementara untuk uji reliabilitas
menggunakan rumus split half, juga dikenal sebagai belah dua. Rumus
Kolmogrof Smirnov pada penelitian kali ini digunakan untuk melakukan
percobaan normal. Sedangkan Uji hipotesis yang digunakan yaitu rumus Wilocoxon dengan Menggunakan SPSS versi 29.0.
Setelah teknik time out, berpengaruh terhadap perilaku agresif anak pada
kelas Ali Bin Abi Tholib. Dengan rata-rata pretest 20 dan rata- rata posttest 11,6
perilaku selama 3 hari. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon signed rank
test menggunakan SPSS versi 29.0 diketahui bahwa perilaku agresif anak sebelum
diberikan treatment diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 7,00 dengan sum of
rank sebesar 70,00. Setelah diberikan treatment diperoleh nilai rata-rata posttest
sebesar 4,00 dengan sum of rank sebesar 8,00. Hasil analisis statiistik Wilcoxon
signed rank test pada tingkat kepercayaan 95% atau taraf signifikan 0,05
didapatkan nilai p value sebesar 0,013. Berdasarkan hasil tersebut diketahui
bahwa p value (0,013) < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Menurut saran para peneliti, teknik time out adalah alternatif untuk
memodifikasi perilaku anak-anak. sehingga para guru dapat menggunakannya
untuk menghindari anak untuk menunjukkan tingkah laku yang tidak tepat.
Penting untuk mempertimbangkan dan menyesuaikan strategi sesuai dengan usia
anak. Juga penting untuk mengidentifikasi perilaku negatif yang ingin Anda
hindari. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing I : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II : Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Penerapan Time Out | en_US |
dc.subject | Agresivitas Fisik Anak Usia 2-3 tahun | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Time Out Terhadap Agresivitas Fisik Anak Usia 2-3 tahun di Kelas Ali Bin Abi Tholib KB Al Baitul Amien Patrang Jember 2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 21 Juli 2023 | en_US |