dc.contributor.author | RIZZATUNIDA, Qory Dwiki | |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T06:49:08Z | |
dc.date.available | 2024-06-04T06:49:08Z | |
dc.date.issued | 2023-06-23 | |
dc.identifier.nim | 190210204018 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120920 | |
dc.description.abstract | Kurikulum 2013 menyatakan bahwa aktivitas menulis puisi memiliki tujuan
untuk mengetahui kompetensi dasar (KD) peserta didik. Berdasarkan kurikulum
2013, tercantum dalam tema 6 KD 3.6 dan KD 4.7. KD 3.6 menyatakan “Mencermati
puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada
orang tua, kasih sayang atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk
kesenangan”. KD 4.7 “Menulis puisi dengan pilihan kata yang sesuai”. Puisi
memiliki unsur yang penting untuk membantu pembaca dan memahami makna yaitu
gaya bahasa, diksi, dan rima. Gaya bahasa inilah yang hendak membuat perkata
dalam bait puisi terasa hidup serta selisih berlawanan.
Diksi ialah pemilihan kata yang sesuai dengan tema agar puisi menjadi indah.
Rima ialah pengulangan kata suatu baris ataupun larik dalam puisi, sehingga
diadakannya penelitian tentang kemampuan menulis puisi ini ialah berdasarkan
rumusan masalah: pertama, bagaimanakah kemampuan menulis puisi tema guru pada
peserta didik kelas V dilihat dari aspek gaya bahasa? Kedua, Bagaimanakah
kemampuan menulis puisi tema guru pada peserta didik kelas V dilihat dari aspek
diksi? Ketiga, Bagaimanakah kemampuan menulis puisi tema guru pada peserta didik
kelas V dilihat dari aspek rima?
Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menulis puisi. Hasil
penelitian dari tes kemampuan menulis puisi tema guru sebagai berikut, pertama
kemampuan menulis puisi bertema guru pada peserta didik kelas V dilihat dari aspek
gaya bahasa, diketahui bahwa 8 peserta didik banyak yang mendapatkan kriteria
mampu/ sangat baik dengan kisaran antara 85%-100%, 6 peserta didik mendapat
kriteria baik dengan kisaran antara 70%-84%, dan untuk rata-rata nilai yang
diperoleh yaitu 84. Aspek penilaian puisi menggunakan gaya bahasa dilihat dari isi
puisi yang terdapat gaya bahasa perbandingan, penegasan, dan pertentangan. Kedua,
kemampuan menulis puisi bertema guru pada peserta didik kelas V dilihat dari aspek
diksi, 15 peserta didik mendapat kriteria mampu/ sangat baik dengan kisaran antara
85%-100%, dan untuk rata- rata nilai yang diperoleh yaitu 85. Penilaian
menggunakan diksi pada menulis puisi peserta didik dianggap sangat baik karena
hasil penulisan terdapat pilihan kata-kata lain yang serasi dan sesuai dengan tema
dalam larik, baris maupun baitnya.
Ketiga, kemampuan menulis puisi bertema guru peserta didik kelas V dilihat
dari aspek rima, diketahui bahwa sebanyak 15 peserta didik mendapatkan kriteria
mampu/ sangat baik dengan kisaran antara 85%-100%, dan untuk rata-rata nilai yang
diperoleh yaitu 85. Aspek penilaian menggunakan rima dalam menulis puisi yaitu
dinilai dari isi dalam menulis puisi terdapat penggunaan rima (pengulangan bunyi)
kata-kata pada setiap larik dan baitnya.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas
V SDN Sidomekar 07 mampu membuat puisi dengan menggunakan aspek gaya
bahasa, diksi, dan rima. Skor rata-rata peserta didik terdapat pada kategori yang
sangat baik kisaran 85%-100%.
Saran yang dapat diberikan yaitu, bagi dapat digunakan sebagai acuan guru
kelas V dalam pemahaman menulis puisi dalam pelajaran bahasa Indonesia. Bagi
peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian
selanjutnya terkait gaya bahasa, diksi dan rima. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Drs. Hari Satrijono, M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota: Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Puisi Tema Guru | en_US |
dc.subject | Aspek Gaya Bahasa | en_US |
dc.subject | Diksi, Dan Rima | en_US |
dc.title | Kemampuan Menulis Puisi Tema Guru Berdasarkan Aspek Gaya Bahasa, Diksi, dan Rima pada Peserta Didik Kelas V di SDN Sidomekar 07 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan PGSD | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Hari Satrijono, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 17 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 03 | en_US |