dc.contributor.author | NURJANAH, Hakiki | |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T02:37:13Z | |
dc.date.available | 2024-06-04T02:37:13Z | |
dc.date.issued | 2023-06-08 | |
dc.identifier.nim | 170210204231 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120871 | |
dc.description | validasi_repo_firli_november_2023_16 | en_US |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Curahpoh 1
Bondowoso ditemukan permasalahan bahwa siswa sulit memahami materi
pembelajaran yang disebabkan minimnya variasi bahan ajar yang digunakan pada
pembelajaran, bahan ajar yang digunakan siswa hanya berupa buku siswa yang
disediakan di sekolah. Selain itu penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi
juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut salah satu faktor
pendukung yang menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran adalah pengembangan modul berbasis etnomatematika seni pencak
silat. Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dengan
tujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk penelitian berupa modul
berbasis etnomatematika yang valid, efektif dan praktis.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan (Research and Development) Borg and Gall. Jenis
penelitian pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 langkah, namun dalam
penelitian ini hanya digunakan sampai 8 langkah saja. Subjek pada penelitian ini
adalah 44 siswa dari kelas IVA dan IVB di SDN Curahpoh 1 Bondowoso, data
penelitian ini dianalisis menggunakan uji validasi produk, uji keefektifan dan uji
respon siswa.
Hasil uji validasi produk pengembangan mendapatkan skor 92,3 dengan
kriteria sangat valid. Hasil uji coba penggunaan untuk memperoleh balikan
tehadap produk pengembangan mendapatkan hasil rata-rata 88,7% jawaban YA
dan rata-rata 11,3% pada jawaban TIDAK. Hasil tersebut menunjukan bahwa
produk yang dikembangkan layak untuk diuji keefektifan. Sebelum melakukan uji
keefektifan dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui kelas yang digunakan
penelitian memiliki variasi yang sama atau homogen. Berdasarkan hasil hitung uji
homogenitas menggunakan uji levene, memperoleh hasil signifikansi sebesar
0,490 sehingga nilai signifikansi dinyatakan memiliki variasi yang sama atau
homogen (0,490 > 0,05). Selanjutnya dipilih kelas yang akan dijadikan kelas
eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dilanjutkan dengan uji keefektifan.
Uji keefektifan dapat dilihat dari hasil skor t-test dan tingkat keefektifan
relatif yang diperoleh dari perbandingan hasil belajar dikelas eksperimen dan
kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil uji independent sample t-test, dapat
diketahui bahwa derajat kebebasan yakni 42 pada taraf signifikansi 0,05 adalah
sebesar 1,682. Hasil tes yang telah dihitung lebih besar dari pada t-tabel (8,891 >
1,682). Hasil perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan skor 65,86% yang
disebabkan oleh penggunaan modul berbasis etnomatematika, sedangkan 34,14%
di sebabkan faktor internal berupa minat belajar siswa, serta faktor ekternal karena
keterbatasan variasi bahan ajar yang digunakan pada kelas kontrol. Uji respon
siswa untuk mengetahui kepraktisan modul berbasis etnomatematika dengan
menggunakan angket respon siswa. Berdasarkan hasil respon siswa kelas
eksperimen mendapatkan hasil 92,91 dengan kategori sangat praktis.
Berdasarkan data hasil validasi produk, uji keefektifan dan uji respon
siswa, maka modul berbasis etnomatematika seni pencak silat memenuhi kriteria
valid, efektif dan praktis. Modul tersebut layak digunakan untuk pembelajaran
serta penggunaan modul berbasis etnomatematika dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru
dapat mengembangkan modul dengan memasukan unsur budaya. Pembuatan
desain modul dapat menggunakan aplikasi canva pro yang bisa diakses dengan
memakai akun belajar.id. Jika ingin mengembangkan modul berbasis
etnomatematika diharapkan lebih memperbanyak budaya yang akan dimasukkan
pada isi modul pengembangan, sehingga modul yang dibuat lebih kental
etnomatematikanya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd
Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Etnomatematika | en_US |
dc.subject | Modul Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Seni Pencak Silat Pokok Bahasan Pengukuran Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Curahpoh 1 Kabupaten Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_november_2023_16 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 03 | en_US |