dc.contributor.author | NOVFITRI, Dinara Falif | |
dc.date.accessioned | 2024-06-02T14:24:00Z | |
dc.date.available | 2024-06-02T14:24:00Z | |
dc.date.issued | 2023-05-24 | |
dc.identifier.nim | 191910501078 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120763 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 31 Mei 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Transit Oriented Development (TOD) merupakan sebuah konsep untuk
pengembangan wilayah yang berorientasi pada penggunaan sarana non motorized
yang dapat digunakan untuk menjawab permasalahan wilayah yang berhubungan
dengan banyaknya penggunaan kendaraan pribadi. Dalam Rencana Tata Ruang
Wilayah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2012-2032 disebutkan bahwa Kecamatan
Rogojampi merupakan Pusat Kegiatan Lokal dan salah satu fungsi PKL sebagai
simpul transit. Pendekatan TOD merupakan salah satu hal penting demi
terbentuknya keberhasilan simpul transit. Disamping itu, kondisi lalu lintas di
wilayah penelitian beberapa kali ditemui tidak stabil, terlebih pada peak hour.
Keberadaan jalan sering kali ditemui diisi oleh kendaraan-kendaraan pribadi baik
roda 2 maupun roda 4. Lokasi penelitian ini berpusat pada Stasiun Rogojampi yang
didukung oleh Terminal Rogojampi pada jarak 642 meter dan Bandara
Blimbingsari (satu-satunya bandara di Kabupaten Banyuwangi) pada jarak 6km
sebagai pergantian moda transportasi. Dengan mengetahui permasalahan dan
potensi yang dimiliki, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kesesuaian kawasan dengan prinsip TOD serta arahan pengembangan dengan
pendekatan TOD. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan metode analisis
berupa analisis deskriptif yang digunakan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting
berdasarkan variabel TOD dan nantinya bersambung dengan analisis skoring. Hasil
dari analisis deskriptif dan skoring ialah Kawasan Stasiun Rogojampi berada berada
dalam kelas bronze standard (56 – 70) yang artinya wilayah telah memenuhi
mayoritas dari sasaran atau indikator dalam penerapan TOD dengan perolehan skor
57. Kemudian untuk mendapatkan arahan pengembangan dilakukanlah analisis
dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process yang menghasilkan variabel
prioritas dalam pengembangan kawasan dengan pendekatan TOD. Variabel
prioritasnya adalah compact, transit, cycle dan walk. Untuk arahan pengembangan
berupa penyediaan fasilitas yang belum merata atau belum tersedia serta
pengaktifan kembali terminal. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Ir. Sonya Sulityono, S.T., M.T., IPM
Dosen Pembimbing Anggota: Ratih Novi Listyawati, S.T., M.Eng | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | TRANSIT ORIENTED DEVLOPMENT | en_US |
dc.subject | PERENCANAAN KAWASAN STASIUN | en_US |
dc.subject | SIMPUL TRANSIT | en_US |
dc.title | Pengembangan Kawasan Stasiun Rogojampi Sebagai Simpul Transit dengan Pendekatan Transit Oriented Development (TOD) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Perencanaan Wilayah dan Kota | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ratih Novi Listyawati, S.T., M.Eng | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_desember_2023_12 | en_US |