dc.description.abstract | Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
faktor – faktor bauran pemsaran jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan
mahasiswa dan untuk menganalisis faktor bauran pemasaran jasa pendidikan
mana yang mempunyai pengaruh utama terhadap kepuasan mahasiswa dalam
memilih kuliah di Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
Jenis studi ini adalah explanatory yang terfokus pada hubungan antara
variabel-variabel dalam studi ini serta pengujian hipotesis yang telah dirumuskan
sebelumnya. Studi ini dilakukan di universitas abdurachman saleh situbondo
dengan terfokus pada mahasiswal. Data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder yang digunakan adalah data survey dengan maksud untuk menjelaskan
(explanatory research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan
variabel bauran pemasaran jasa terpadu terhadap kepuasan dan loyalititas
mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbonda. Metode analisis data yang
digunakan antara lain uji normalitas data, analisis regresi linear berganda, uji
asumsi klasik dan pengujian hopotesis.
Hasil studi menunjukkan bahwa variabel produk mempunyai pengaruh
yang positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel harga mempunyai pengaruh
yang negatif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel promosi mempunyai nilai
positif atau pengaruh yang positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel
tempat/lokasi mempunyai nilai negatif atau pengaruh yang negatif terhadap
kepuasan mahasiswa. variabel personil mempunyai nilai negatif atau pengaruh
yang negatif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel proses mempunyai nilai
positif atau pengaruh yang positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel bentuk
fisik mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa semua variable
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa universitas abdurachman
saleh situbondo.
Kata kunci : Kepuasan Mahasiswa, Bauran pemasaran Jasa Pendidikan
,.....THE EFFECT OF HIGHER EDUCATION SERVICE MARKETING MIX OF
STUDENTS SATISFACTION ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO
UNIVERSITY; S E N A I N NIM : 090920101025, 2012: 98 page,
Administrative Science Program Post-Graduate Education Program Faculty of
Social and Political Sciences University of Jember
The purpose of this study is to investigate and analyze the influence of mix
factors pemsaran higher education services to the satisfaction of students and to
analyze the marketing mix factors which the educational services that have a
major influence on satisfaction in choosing a college student at the University of
Abdurachman Saleh Situbondo.
Explanatory type of study is focused on the relationship between the
variables in this study and the testing of hypotheses have been formulated before.
The study was conducted at the university Abdurachman pious Situbondo with
focus on student. The data used are primary and secondary data used is the
survey data in order to explain the (explanatory research) that aims to describe
and explain the marketing mix variables of integrated services to the satisfaction
of university students and loyalititas Situbondo Abdurachman Saleh. Data
analysis methods are used, among others, test for normality of data, multiple
linear regression analysis, testing and testing hopotesis classical assumptions.
The study shows that the variable products have a positive influence on
student satisfaction. price variable has a negative effect on student satisfaction.
variable has a positive value or the promotion of a positive influence on student
satisfaction. variable spot / location has a negative value or a negative influence
on student satisfaction. personnel variables have a negative value or a negative
influence on student satisfaction. process variables have a positive value or a
positive influence on student satisfaction. physical variables have a positive
influence on student satisfaction. Based on the results of data analysis can be
concluded that all variables have a significant effect on college student
satisfaction Abdurachman Situbondo pious.
Keywords: Student Satisfaction, marketing mix, educational services | en_US |