dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | SOLEHA, Intan Malehatus | |
dc.date.accessioned | 2024-05-22T01:36:40Z | |
dc.date.available | 2024-05-22T01:36:40Z | |
dc.date.issued | 2023-06-21 | |
dc.identifier.nim | 190810201046 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120615 | |
dc.description | validasi_repo_firli_november_2023_14 | en_US |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi memberikan pengaruh pada perilaku konsumen.
Konsumen yang semula hanya dapat melakukan pembelian dengan mendatangi
toko secara langsung, saat ini cukup memesan produk yang diinginkan melalui
media online. Berdasarkan survei Populix terhadap 1.020 responden di seluruh
Indonesia dengan rentang usia 18 hingga 55 tahun, terdapat sebanyak 52%
responden mengaku telah mengetahui social commerce dan 86% pernah mencoba
berbelanja melalui media sosial, bahkan sebanyak 46% responden paling sering
berbelanja menggunakan TikTok Shop, dengan persentase penjualan produk
terbanyak di social commerce yakni produk fashion sebanyak 61%. Berdasarkan
survey point of purchase advertising institute (POPAI) juga diketahui bahwa 75%
keputusan pembelian konsumen yang terjadi saat masih berada di dalam toko
merupakan keputusan pembelian yang tidak direncanakan atau pembelian
impulsif. Pembelian impulsif terutama pada produk fashion dapat dipicu oleh
berbagai faktor internal maupun eksternal seperti, promosi penjualan, motivasi
belanja hedonis, keterlibatan mode, hingga emosi positif dari para konsumen.
Penelitian ini merupakan explanatory research. Populasi dalam penelitian
ini adalah Mahasiswa Universitas Jember pengguna TikTok Shop, dengan kriteria
mahasiswa yang pernah membeli produk fashion pada TikTok Shop. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling
dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif karena
dapat diolah dengan pendekatan statistik dan matematik. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer berbentuk laporan yakni website dan data
sekunder didapatkan dari hasil kuesioner yang dibagikan melalui google formulir.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur
(path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Sales Promotion berpengaruh
signifikan terhadap Positive Emotion, 2. Hedonic Shopping Motivation
berpengaruh signifikan terhadap Positive Emotion, 3. Fashion Involvement
berpengaruh signifikan terhadap Positive Emotion, 4. Sales Promotion tidak
berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying, 5. Hedonic Shopping
Motivation tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying, 6. Fashion
Involvement berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying, 7. Positive
Emotion tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying, 8. Sales
Promotion tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying melalui
Positive Emotion, 9. Hedonic Shopping Motivation tidak berpengaruh signifikan
terhadap E-Impulse Buying melalui Positive Emotion, 10. Fashion Involvement
tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Impulse Buying melalui Positive Emotion
Mahasiswa Universitas Jember pengguna TikTok Shop. | en_US |
dc.description.sponsorship | N. Ari Subagio, S.E., M.Si.
Dr. Intan Nurul Awaliyah S.E., M.Sc | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Sales Promotion | en_US |
dc.subject | Hedonic Shopping Motivation | en_US |
dc.subject | Perilaku Konsumen | en_US |
dc.subject | Fashion Involvement | en_US |
dc.title | Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, dan Fashion Involvement terhadap E-Impulse Buying pada TikTok Shop melalui Positive Emotion | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Manajemen | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | N. Ari Subagio, S.E., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Intan Nurul Awaliyah S.E., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_november_2023_14 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_05_tanggal 22 | en_US |