PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP,
buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut adalah 0,94; 0,93; 0,95; dan tiap soal THB
> 0,85. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien
validitasnya sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran
pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturut-turut adalah 90,9% dan
93,93%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi
kriteria kepraktisan. Rata-rata persentase setiap aktivitas siswa pada pertemuan
pertama dan kedua, adalah (11-20)%, sedangkan untuk aktivitas yang tidak relevan
adalah 3,64%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 42 siswa diperoleh bahwa
lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang
ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari
analisis validitas butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya sangat
tinggi dan 5 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat
evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai
koefisien reabilitas tes ( ) = 0,8677 hal ini berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi
berkategori sangat tinggi. Dari analisis THB juga diperoleh bahwa 88% (37 siswa
dari 42 siswa) siswa mencapai skor minimal 60. Hal ini menunjukkan bahwa
xi
perangkat pembelajaran matematika bernuansa PBI telah memenuhi kriteria
keefektifan perangkat pembelajaran. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat
pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
bernuansa PBI (Problem Based Instruction) Pada Pokok Bahasan Teorema
Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII SMP yang layak dan dapat digunakan oleh guru
tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.