Show simple item record

dc.contributor.authorDEWANTA, Eka Putra Bagus
dc.date.accessioned2024-05-16T22:37:56Z
dc.date.available2024-05-16T22:37:56Z
dc.date.issued2023-07-13
dc.identifier.nim180210104011en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120571
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_13 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractMenjawab perkembangan zaman dan globalisasi yang terjadi saat ini, seseorang perlu menguasai kemampuan 4C yang meliputi critical thinking (kemampuan berpikir kritis), collaboration (kemampuan bekerja sama/ berkolaborasi), communication (kemampuan berkomunikasi), dan creative (kemampuan berpikir kreatif). Dibalik pentingnya 4C bagi seseorang terdapat keterampilan berpikir yang harus menjadi fokus utama agar tujuan penguasaan keterampilan berpikir abad 21 atau 4C bisa tercapai. Keterampilan tersebut adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi globalisasi. Keadaan keterampilan berpikir tingkat tinggi saat ini masih rendah, dilihat dari capaian akademis siswa pada PISA 2018 yang mendapat skor 396 dan menepati posisi 71 dari 79. Kurangnya kemampuan ini disebabkan karena abstraknya objek IPA dan diperlukan jembatan untuk mengatasinya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan media pembelajaran berupa modul aplikasi, menggunakan modul aplikasi, pengembang bisa lebih leluasa untuk menambahkan konten pendidikan terkait, seperti AR, 360 VVR (Video Virtual Reality). Banyaknya fitur yang bisa disesuaikan tentunya akan menambah daya tarik secara visual bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (2) Untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (3) Untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Reserach and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian bertempat di SMPK Santo Petrus Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK Santo Petrus Jember. Penelitian ditujukan pada siswa kelas VIII karena siswa kelas VII masih belum waktunya menerima materi pembelajaran Pencemaran Lingkungan karena materi tersebut masuk pada semester genap. Data yang digunakan sebagai tolak ukur efektivitas pembelajaran adalah nilai pretest dan posttest dengan Analisis n-gain. Hasil dari uji validasi media pembelajaran didapati nilai rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat valid”, dari skor ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas. Hasil dari uji kepraktisan media pembelajaran yang didapat dari nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran didapati nilai persentase rata-rata sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis”, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran praktis ketika digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa diukur berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan rumus n-gain untuk menentukan sejauh mana efektivitas media, didapati secara keseluruhan media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kategori “sedang” ditunjukkan dari n-gain rata-rata sebesar 0.66. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran kategori sangat valid dengan persentase penilaian 95%, (2) Kepraktisan media pembelajaran memiliki kategori “sangat praktis” persentase sebesar 95% (3) Efektivitas media pembelajaran kategori “sedang” berdasarkan hasil Ngain 0.66. sehingga media cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Rusdianto, S.Pd., M.Kes.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectPembelajaran Terintegrasien_US
dc.titlePengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Aplikasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Kes.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record