PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS KELAS XI IPS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP,
LKS, Buku Siswa, THB dan E-learning moodle berturut-turut adalah 0,96; 0,94;
0,90; 0,93 dan 0,92. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau
koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau
sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada
pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 89,74%, 92,30%,
dan 97,43%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi
kriteria kepraktisan.
Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga,
berturut-turut adalah 85,11%, 87,5%, dan 91,07% dengan rata-rata tiga pertemuan
tersebut adalah 87,89%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 34 siswa diperoleh
bahwa ≥80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang
ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari
analisis validitas 7 butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya cukup
dan 4 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi
ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai 0,62 yang
berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi.
Sedangkan dari analisis Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa terdapat
85,3% siswa yang mencapai skor minimal 60. Sehingga dapat disimpulkan perangkat
pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning ini sudah
memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat
pembelajaran yang cukup terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
model MMP dan berbantuan e-learning pada pokok bahasan fungsi komposisi dan
fungsi invers kelas XI IPS yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMA
jurusan IPS untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.