Show simple item record

dc.contributor.authorMAJID, Ayunda Shella Vionita
dc.date.accessioned2024-04-24T04:48:40Z
dc.date.available2024-04-24T04:48:40Z
dc.date.issued2024-02-28
dc.identifier.nim200210101034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120368
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat mendorong motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa misalnya pada penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zepeto untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi kubus. Hal ini dilakukan atas dasar permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu dibutuhkannya media dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa dan antusias siswa dalam belajar yang tergolong rendah. Diharapkan video yang dihasilkan mampu memberikan pengalaman baru bagi siswa dan bermanfaat bagi guru dalam memilih media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan model 4D (define, design, development, dan dissemination.). Produk penelitian ini adalah video pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan spasial dan dapat diakses secara online dengan gadget atau komputer. Subjek penelitian adalah siswa VIII-A SMP Muhammadiyah 6 Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran dapat membuat siswa mengasah kemampuan kemampuan spasial secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini, yaitu tingkat validitas yang diperoleh tingkat validitas berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata seluruh aspek (𝑉𝑎) sebesar 3,89 dari 4. Tingkat kepraktisan berdasarkan hasil angket siswa dengan nilai persentase sebesar 93% atau berada pada kategori praktis. Tingkat efektivitas berdasarkan pre-test dan post-test hasil dengan skor N-Gain sebesar 83,75 dalam kategori efektif. Tingkat kemenarikan berdasarkan hasil angket siswa dengan nilai persentase sebesar 93% atau berada pada kategori sangat menarik. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah mendorong penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika lebih lanjut, dengan memperluas penggunaan aplikasi Zepeto atau teknologi serupa dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dan mengadakan pelatihan bagi guru-guru untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran matematika, sehingga mereka dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.subjectAnimasi Zepetoen_US
dc.subjectKemampuan Spasialen_US
dc.titlePengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Zepeto Pada Materi Kubus Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.Sunardi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record