dc.contributor.author | MAJID, Ayunda Shella Vionita | |
dc.date.accessioned | 2024-04-24T04:48:40Z | |
dc.date.available | 2024-04-24T04:48:40Z | |
dc.date.issued | 2024-02-28 | |
dc.identifier.nim | 200210101034 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120368 | |
dc.description.abstract | Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Penggunaan
media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat
mendorong motivasi belajar siswa sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa misalnya pada
penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan video pembelajaran dengan
menggunakan aplikasi Zepeto untuk meningkatkan
kemampuan spasial siswa pada materi kubus. Hal ini
dilakukan atas dasar permasalahan dalam kegiatan
pembelajaran, yaitu dibutuhkannya media dalam proses
pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa dan
antusias siswa dalam belajar yang tergolong rendah.
Diharapkan video yang dihasilkan mampu memberikan pengalaman baru bagi siswa dan
bermanfaat bagi guru dalam memilih media pembelajaran. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (R&D) dengan metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan
model 4D (define, design, development, dan dissemination.). Produk penelitian ini adalah
video pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan spasial dan
dapat diakses secara online dengan gadget atau komputer. Subjek penelitian adalah siswa
VIII-A SMP Muhammadiyah 6 Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video
pembelajaran dapat membuat siswa mengasah kemampuan kemampuan spasial secara
optimal. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini, yaitu tingkat validitas
yang diperoleh tingkat validitas berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata seluruh
aspek (𝑉𝑎) sebesar 3,89 dari 4. Tingkat kepraktisan berdasarkan hasil angket siswa dengan
nilai persentase sebesar 93% atau berada pada kategori praktis. Tingkat efektivitas
berdasarkan pre-test dan post-test hasil dengan skor N-Gain sebesar 83,75 dalam kategori
efektif. Tingkat kemenarikan berdasarkan hasil angket siswa dengan nilai persentase
sebesar 93% atau berada pada kategori sangat menarik. Rekomendasi dari hasil penelitian
ini adalah mendorong penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika lebih lanjut,
dengan memperluas penggunaan aplikasi Zepeto atau teknologi serupa dalam
pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dan mengadakan
pelatihan bagi guru-guru untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi dalam
pembelajaran matematika, sehingga mereka dapat menciptakan pengalaman pembelajaran
yang lebih menarik dan efektif bagi siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan | en_US |
dc.subject | Video Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Animasi Zepeto | en_US |
dc.subject | Kemampuan Spasial | en_US |
dc.title | Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Zepeto Pada Materi Kubus Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr.Sunardi, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |