• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKS Berprograma pada Sub Pokok Bahasan Perpindahan Kalor di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Binar Ayu Dewanti - 090210102073_1.pdf (175.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Binar Ayu Dewanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khusunya pada tingkat sekolah menengah atas (SMA) Berdasarkan hasil observasi di lapangan, diperoleh informasi bahwa beberapa siswa SMA kurang tertarik dan aktif dalam kegiatan pembelajaran fisika di kelas, serta sulit memahami beberapa konsep fisika yang diajarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang lebih baik, salah satu contohnya adalah LKS. Namun, pada kenyataannya LKS yang digunakan sekolah tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai karena merupakan cetakan penerbit. LKS berprograma diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Pengimplementasian LKS berprograma dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode eksperimen. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat mencari tahu dan membuktikan sendiri apa yang telah mereka pelajari melalui kegiatan eksperimentasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berprograma yang valid serta mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika dan kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS tersebut. LKS berprograma yang dikembangkan terbagi menjadi dua bentuk, yaitu LKS berprograma bercabang dan LKS berprograma linear. Hasil penelitian berupa LKS berprograma diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Jember yang berjumlah 34 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam vii pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi perangkat, serta hasil post-test dan penilaian kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS berprograma dengan metode eksperimen. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,81 untuk LKS berprograma bercabang dan 3,96 untuk LKS berprograma linear. Data kualitatif menunjukkan bahwa LKS berprograma ini juga perlu diperbaiki pada aspek format, isi, bahasa, dan ilustrasi. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemahaman translasi siswa mencapai persentase 73,77%, pemahaman interpretasi siswa 94,58%, dan pemahaman ekstrapolasi siswa 83,58% dengan pemahaman secara classical sebesar 85%. Kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS berprograma mencapai persentase sebesar 29,91% untuk aspek menjelaskan prosedur dan mengidentifikasi peralatan, 36,75% untuk aspek merancang atau merencanakan praktikum, 35,79% untuk aspek melakukan praktikum, 61,03% untuk aspek mengamati dan mencatat hasil, 71,32% untuk aspek menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan, serta 42,65% untuk aspek mengatur alat, menyelesaikan kegiatan, dan membersihkan tempat kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) LKS berprograma dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) pemahaman konsep fisika siswa tergolong paham dan persentase tertinggi terdapat pada pemahaman interpretasi siswa; 3) kinerja praktikum siswa secara keseluruhan tergolong ke dalam kategori sangat baik dan persentase tertinggi terdapat pada aspek interpretasi data dan perumusan kesimpulan. Kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS berprograma bercabang lebih tinggi daripada menggunakan LKS berprograma linear.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12029
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository