dc.contributor.author | MUKARROMAH, Lailiyatul | |
dc.date.accessioned | 2024-03-27T03:57:35Z | |
dc.date.available | 2024-03-27T03:57:35Z | |
dc.date.issued | 2024-03-18 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120252 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran kini merupakan pembelajaran yang diwajibkan berporos pada peserta didik. Strategi maupun metode dalam belajar wajib diterapkan di dalam instansi sekolah. Hal tersebut disebabkan dengan penggunaan model atau strategi yang tepat dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Pembelajaran jika diterapkan dengan menggunakan model konvensional saja peserta didik akan cenderung menjadi pasif dan juga minat dalam belajar menjadi rendah yang akan berdampak pada pemahaman materi. Model pembelajaran yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model ini melibatkan peserta didik secara aktif melalui beberapa tahap, termasuk diskusi kelompok dengan menggunakan penomoran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember yang diselenggarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan adalah True eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X Akuntansi. Metode cluster random sampling dipilih sehingga sampel penelitian yang diambil terdiri dari kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) disertai dengan e-Modul dan X Akuntansi 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model PBL (Problem Base Learning).
Pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari semua indikator menunjukkan peningkatan seiring berjalannya waktu. Peningkatan tersebut dapat terjadi karena peserta didik pada pertemuan pertama cenderung masih melakukan penyesuaian terhadap model maupun media yang diterapkan. Hasil belajar peserta didik melalui post-test menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai persentase lebih tinggi daripada nilai persentase kelas kontrol, yang dapat dilihat melalui hasil mean kedua kelas, dengan Sig (2-tailed) sebesar 0,002 atau 0,002 < 0,05 yang mengindikasikan terdapat perbedaan antara kedua kelas tersebut. Perbedaan rata-rata ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang disertai dengan e-Modul terhadap hasil belajar peserta didik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.
Drs. Alex Harijanto, M.Si., M.C.E | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Kooperatif Tipe NHT | en_US |
dc.subject | Media e-Modul | en_US |
dc.subject | Aktivitas dan Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai E-Modul Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Alex Harijanto, M.Si., M.C.E | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |