Show simple item record

dc.contributor.authorMUKARROMAH, Lailiyatul
dc.date.accessioned2024-03-27T03:57:35Z
dc.date.available2024-03-27T03:57:35Z
dc.date.issued2024-03-18
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120252
dc.description.abstractPembelajaran kini merupakan pembelajaran yang diwajibkan berporos pada peserta didik. Strategi maupun metode dalam belajar wajib diterapkan di dalam instansi sekolah. Hal tersebut disebabkan dengan penggunaan model atau strategi yang tepat dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Pembelajaran jika diterapkan dengan menggunakan model konvensional saja peserta didik akan cenderung menjadi pasif dan juga minat dalam belajar menjadi rendah yang akan berdampak pada pemahaman materi. Model pembelajaran yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model ini melibatkan peserta didik secara aktif melalui beberapa tahap, termasuk diskusi kelompok dengan menggunakan penomoran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember yang diselenggarakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan adalah True eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X Akuntansi. Metode cluster random sampling dipilih sehingga sampel penelitian yang diambil terdiri dari kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) disertai dengan e-Modul dan X Akuntansi 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model PBL (Problem Base Learning). Pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari semua indikator menunjukkan peningkatan seiring berjalannya waktu. Peningkatan tersebut dapat terjadi karena peserta didik pada pertemuan pertama cenderung masih melakukan penyesuaian terhadap model maupun media yang diterapkan. Hasil belajar peserta didik melalui post-test menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai persentase lebih tinggi daripada nilai persentase kelas kontrol, yang dapat dilihat melalui hasil mean kedua kelas, dengan Sig (2-tailed) sebesar 0,002 atau 0,002 < 0,05 yang mengindikasikan terdapat perbedaan antara kedua kelas tersebut. Perbedaan rata-rata ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang disertai dengan e-Modul terhadap hasil belajar peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Subiki, M.Kes., M.C.E. Drs. Alex Harijanto, M.Si., M.C.Een_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Kooperatif Tipe NHTen_US
dc.subjectMedia e-Modulen_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai E-Modul Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMKen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Alex Harijanto, M.Si., M.C.Een_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record