Show simple item record

dc.contributor.authorLANGIT, Andining Dewi Sekar
dc.date.accessioned2024-03-19T06:09:10Z
dc.date.available2024-03-19T06:09:10Z
dc.date.issued2024-03-05
dc.identifier.nim200210104048en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120157
dc.description.abstractPembelajaran IPA, yang melibatkan eksplorasi fenomena alam, tergolong sulit karena sifatnya yang abstrak. Pentingnya pemahaman konsep secara mendalam dalam pembelajaran IPA untuk hasil belajar optimal telah diakui. Di era abad 21, diperlukan integrasi keterampilan selain kognitif, seperti keterampilan berpikir kreatif. Sayangnya, keterampilan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih kurang optimal, sebagian disebabkan oleh materi IPA yang abstrak dan kurangnya perhatian guru terhadap keterampilan tersebut. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif disebakan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif karena belum mampu untuk menumbuhkan semangat belajar siswa secara maksimal. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menyampaikan materi oleh komunikator atau guru kepada siswa dengan tujuan mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan adanya media virtual reality berbantuan software MilleaLab untuk dapat memvisualisasikan materi pembelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penerapan media virtual reality ini memuat teknologi yang menggunakan perangkat elektronik untuk menciptakan lingkungan yang terlihat nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Dengan teknologi ini, pengguna dapat berpartisipasi dalam lingkungan yang disimulasikan dan merasakan seolah-olah mereka berada di dalamnya. Software yang dapat mengembangkan Media virtual reality salah satunya yaitu software MilleaLab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengkaji pengaruh media virtual reality berbantuan software MilleaLab pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP, (2) Mengkaji peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonquivalent (pretest dan posttest) control group design menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian. Penelitian ini telah dilaksanakan secara tatap muka di SMP Negeri 10 Jember pada semester gasal Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII A hingga VII H dengan jumlah 270 siswa di SMPN 10 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran tidak menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kreatif adalah dengan menggunakan tes dan terdapat teknik pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data pada tujuan penelitian pertama menggunakan uji independent sample t-tes dan pada tujuan penelitian kedua menggunakan uji NGain. Hasil penelitian dari hipotetsis pertama menunjukkan bahwa, nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh dengan uji independent sample t-test adalah sebesar 0,000 atau dapat ditulis Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H଴ ditolak dan Hୟ diterima sehingga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian dari hipotesis kedua menghasilkan rata-rata N-gain skor 0,60 untuk keterampilan berpikir kreatif siswa, sehingga membuktikan adanya peningkatan pada kategori sedang terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang didapatkan yaitu: (1) Pengaruh media virtual reality berbantuan software MilleaLab pada pembelajaran IPA terdapat pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, (2) Terapat peningkatan kategori sedang terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan penerapan media virtual reality berbantuan software MilleaLab pada pembelajaran IPA SMP.en_US
dc.description.sponsorship1. Pramudya Dwi Aristya Putra, S. Pd,, M. Pd., Ph. D 2. Zainur Rasyid Ridlo, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectVIRTUAL REALITYen_US
dc.subjectSOFTWARE MILLEALABen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWAen_US
dc.titlePengaruh Media Virtual Reality Berbantuan Software Millealab Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S. Pd, M. Pd., Ph. D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record