dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang di era globalisasi
sekarang ini. Oleh karena itu, dunia pariwisata sangat diperlukan dalam
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring dengan kebutuhan itu,
bahasa Inggris sangat diperlukan sebagai sarana untuk mengembangkan pariwisata
yang diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam mempromosikan obyek dan daya
tarik wisata.
Salah satu obyek wisata yang dikunjungi wisatawan yaitu Sidoarjo. Sidoarjo
merupakan kota industri yang memiliki potensi wisata budaya dan produk-produk
unggulan yang ingin dikembangkan dan dikenalkan kepada dunia luar. Agar kegiatan
tersebut bisa berhasil dengan baik, tentunya tidak lepas dari kemampuan
berkomunikasi baik dengan bangsa sendiri maupun dengan bangsa lain.
Mahasiswa D III Bahasa Inggris dipersiapkan menjadi lulusan yang siap pakai
dan mandiri yang akan memiliki gelar Ahli Madya, dengan melaksanakan program
Praktik Kerja Nyata sebagai syarat kelulusan sehingga penulis memilih Dinas
Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat
Praktik Kerja Nyata yang mana telah dilaksanakan pada tanggal 18 Januari-26
Pebruari 2010.
Berdasarkan alasan tersebut, maka penulis menyusun laporan ini dengan
memilih judul “Peningkatan Kualitas Media Promosi Pariwisata di
Disporabudpar Kabupaten Sidoarjo”.
Adapun kegiatan penulis selama Praktik Kerja Nyata, antara lain membantu
mengetik, mencatat surat masuk dan keluar, survei ke lokasi wisata di Kabupaten
Sidoarjo dan lain-lain. Dalam hal tersebut penulis memperoleh gambaran bahwa
penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
adalah penting untuk dimiliki seorang pekerja, khususnya Dinas Pemuda Olah raga
Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. | en_US |