PENGEMBANGAN SOAL TES POTENSI AKADEMIK NUMERIK PENERIMAAN SISWA BARU SMP BERBANTUAN MEDIA BERBASIS WIRELESS APPLICATION PROTOCOL JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)
Abstract
Tahapan pertama ialah menganalisis setiap butir soal dari segi kualitatif melalui
5 orang validator yaitu dua orang pakar evaluasi hasil belajar mengajar dan tiga orang
pakar yang tergabung dalam tim penyusun soal seleksi masuk SMP. Kriteria validasi
mencakup dari segi materi, konstruksi soal dan penggunaan bahasa dan budaya. Hasil
validasi pakar menunjukkan bahwa 95,9% paket soal layak untuk diujicobakan.
Tahapan kedua ialah mengevaluasi kualitas setiap butir soal, yaitu daya
pembeda, tingkat kesukaran, validitas soal dan reliabilitas soal. dari hasil uji coba
diperoleh hasil bahwa untuk Paket Soal 1, soal valid 97,5%, reliabilitas soal 0,852,
soal mudah 27,5%, soal sedang 70% dan soal sukar 2,5 %, daya pembeda sebesar
25% jelek, 25% cukup, 30% baik, 20% sangat baik dan tidak ada butir soal yang
dibuang.
Paket Soal 2, soal valid 97,5%, reliabilitas 0,841, soal mudah 42,5%, soal
sedang 50%, soal sukar 3 %, daya pembeda sebesar 35% jelek, 25% cukup, 25%
baik, 15% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang.
Paket Soal 3, soal valid 99%, reliabilitas soal 0,826. Soal mudah 40%, soal
sedang 52,5% ,soal sukar 7,5 %, daya pembeda sebesar 27,5% jelek, 32,5% cukup,
27,5% baik, 12,5% dan tidak ada butir soal yang dibuang.
Paket Soal 4, soal valid 92,5%, reliabilitas soal sebesar 0,870, soal mudah
35%, soal sedang 52,5%, soal sukar 12,5 %, daya pembeda sebesar 27,5% jelek, 25%
cukup, 20% baik, 27,5% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang.
Paket Soal 5, soal valid 97,5%, reliabilitas soal sebesar 0,889, soal mudah
37,5%, soal sedang 57,5%, soal sukar 5 %, daya pembeda sebesar 17,5% jelek, 22,5%
cukup, 27,5% baik, 32,5% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang.
Dari hasil uji coba desain aplikasi TPA Numerik diperoleh hasil bahwa
diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,17% dan desain aplikasi TPA Numerik ini
termasuk dalam kategori baik.