Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorY., Arselly Desta Ihza
dc.date.accessioned2024-03-03T14:42:12Z
dc.date.available2024-03-03T14:42:12Z
dc.date.issued2021-10-14
dc.identifier.nim180803101055en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120076
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 21 Januari 2024en_US
dc.description.abstractPemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya . Produk – produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia bagi perusahaan. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah . Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang. Menurut Kotler (2008:4), pengertian pemasaran adalah suatu usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Pernyataan tersebut menunjukkan keinginan pihak produsen untuk menyalurkan atau memberikan pengetahuan dan informasi tentang produk-produk perusahaan. Pemberian pengetahuan tentang produk dimaksudkan agar dapat menciptakan pertukaran, untuk menimbulkan pembelian. Hal itu merupakan tindak lanjut dari kegiatan komunikasi pemasaran. Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor jasa, memerlukan perlakuan promosi yang berbeda dengan perusahaan yang bergerak di sektor produksi. Perbedaan itu diakibatkan bentuk produk yang dikeluarkan berbeda, 3 perusahaan yang menghasilkan barang produknya dapat dilihat dan dapat dijamah. Pada perusahaan jasa di mana produknya berupa pelayanan atau service tidak dapat dilihat dan tidak dapat dijamah. Tetapi ada juga perusahaan jasa di mana produknya dapat dilihat dan dijamah hal itu adalah suatu perkecualian, yang memang produk barang dengan produk jasa sulit untuk dibedakan. Sukar dibedakannya antara pemasaran produk barang dengan produk jasa merupakan kendala untuk menyamaratakan bentuk promosinya. Pada dasarnya kedua produk itu sama-sama melakukan promosi untuk menciptakan pertukaran. Namun akibat perbedaan itu menyebabkan bentuk promosinya juga berbeda, keduanya juga menginginkan pertukaran dalam pasar pertukaran. Khusus untuk pertukaran jasa ini pemasar harus dapat meyakinkan pembeli tentang produk yang ditawarkannya dengan meningkatkan tingkat kewujudan produk tersebut. Maka dari itu dibentuklah sebuah strategi pemasaran sebagai upaya memasarakan serta mengenalkan suatu produk pada konsumen dengan menggunakan rencana dan taktik yang matang. Strategi pemasaran yang baik adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Dengan membuat strategi pemasaran yang tepat maka pemasaran akan berhasil. Fungsi dari strategi pemasaran disini untuk mengatur kerja dari divisi atau bidang di perusahaan agar terciptanya kerja sama yang mengantarkan perusahaan mencapai tujuannya. Pemasaran memiliki peranan penting bagi kehidupan sehari-hari baik perorangan maupun dalam lingkup organisasi. Semua organisasi baik organisasi di bidang bisnis maupun organisasi non profit mulai dari yang berskala kecil sampai berskala besar dan bergerak di bidang manufaktur ataupun jasa seperti halnya jasa pengiriman, semuanya memerlukan pemasaran dengan tujuan mempertahankan pelanggan yang sudah ada maupun untuk menarik pelanggan baru. Pemasaran jasa merupakan kunci penting strategi pemenangan persaingan pelanggan di masa kini. PT Pos Indonesia (Persero) merupakan satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak pada bidang jasa pengiriman. Sistem pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pos Jember yaitu fokus pada kegiatan pengiriman barang maupun surat serta jasa keuangan contohnya Pospay, Wesel Pos dan Giro Pos. Saat ini PT. Pos Indonesia (Persero) mendapatkan tantangan yang berat dengan banyaknya perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pengiriman barang yang sama dengan bidang usaha PT Pos Indonesia (Persero) salah satu contohnya yaitu JNE dan TKI. Dalam perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, PT. Pos indonesia (Persero) telah mengalami penurunan pelanggan dalam jumlah yang signifikan. Untuk menghindari penurunan tersebut maka PT. POS Indonesia (Persero) terus meningkatkan strategi pemasarannya guna mendapatkan minat pelanggan. Strategi pemasaran yang digunakan haruslah menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi di PT. POS Indonesia (Persero). Strategi pemasaran harus mengatur divisi atau bidang lain guna menyelaraskan tujuan perusahaan. Pemasaran adalah ujung tombak sebagai penentu jalannya perusahaan. Setiap divisi atau bidang lain akan terpengaruh dari hasil penjualan yang dipengaruhi oleh pemasaran. Semakin berhasil strategi pemasaran maka penjualan akan meningkat dan begitu pula kerja dari setiap divisi atau bidang yang ada. Begitu pula dengan SDM yang akan meningkat guna memenuhi permintaan yang melonjak. Ditengah meningkatnya persaingan antara perusahaan-perusahaan di bidang jasa tersebut,PT.POS Indonesia (Persero) membuat satu produk baru berupa aplikasi pada handphone yang dapat memudahkan pelanggan yang akan memakai jasanya khususnya pada jasa keuangan. Aplikasi tersebut bernama Pos Giro Mobile. Aplikasi ini bertujuan agar memudahkan kebutuhan pelanggannya dalam hal pembayaran.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Dr. Markus Apriono ,MM.,CRA.,CMAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectPOS GIRO MOBILEen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMASARANen_US
dc.subjectPT POS INDONESIA (PERSERO)en_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pos Giro Mobile pada PT POS Indonesia (Persero) Cabang Jemberen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiManajaemen Perusahaanen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Markus Apriono ,MM.,CRA.,CMAen_US
dc.identifier.validatorKacung- 11 Desember 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record