dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan
pembelajaran RME, mengetahui aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar
siswa ketika pembelajaran RME diterapkan pada sub pokok bahasan perbandingan
dan skala kelas VII B di SMPN 3 Arjasa tahun ajaran 2012/2013.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan siklus model Hopkins, yaitu fase perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 26 November sampai dengan
6 Desember 2012 dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3
Arjasa. Waktu penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif pada aktivitas
guru, siswa, dan ketuntasan hasil belajar.
Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Persentase aktivitas guru mengalami peningkatan, yaitu 80,20% pada siklus I dan
90,62% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan yang cukup
signifikan pada siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar
65,06% dan pada siklus II persentasenya sebesar 75,64%.
Untuk ketuntasan belajar dilihat dari ketuntasan belajar secara individu dan
klasikal. Ketuntasan belajar secara individu, persentase ketuntasan belajarnya sebesar
46,15% pada siklus I meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Ketuntasan belajar
secara klasikal, pada siklus I sebesar 76,92% meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran RME efektif digunakan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3
Arjasa pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala. | en_US |