dc.contributor.author | NURHALIZZA, Mirza | |
dc.date.accessioned | 2024-01-31T08:20:26Z | |
dc.date.available | 2024-01-31T08:20:26Z | |
dc.date.issued | 2023-03-21 | |
dc.identifier.nim | 160210302091 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119792 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 31 Januari 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Media documentary film dalam pembelajaran sejarah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif penggunaan media pembelajaran, hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Pacet sebagian besar masih menggunakan slide. Kemampuan menganalisis penting dimiliki peserta didik di tingkat SMA demi mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media documentary film terhadap kemampuan analisis peserta didik. Desain penelitiannmenggunakan Pre-Experimental Design dengan tipe The One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik. Hasil penelitian penggunaan media documentary film menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media dokumenter terhadap kemampuan menganalisis pada kelas eksperimen setelah dilakukan uji paired sample t-test dengan diperolehnya nilai t-hitung kelas eksperimen sebesar 6,304 dengan probabilitas signifikan 0,000. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa probabilitas Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya penggunaan media documentary film berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran sejarah arsitektural. Efektivitas penggunaan media documentary film setelah diuji dengan menggunakan uji eta square diperoleh hasil sebesar 0,53 (large effect) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pemanfaatan Media Documentary | en_US |
dc.subject | Documentary Film | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menganalisis | en_US |
dc.title | Pengaruh Pemanfaatan Media Documentary Film Terhadap Kemampuan Menganalisis Peserta Didik Pada Sejarah Arsitektural | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof.Dr.Bambang Soepeno, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd, M.Ed | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |