Show simple item record

dc.contributor.authorDonny Youngki Rangkuti
dc.date.accessioned2013-12-24T02:48:59Z
dc.date.available2013-12-24T02:48:59Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM060210191076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11975
dc.description.abstractSMP Negeri Darsono merupakan salah satu sekolah negeri yang letaknya jauh dari perkotaan tepatnya di desa Darsono kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas VII adalah model pembelajaran langsung dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Aktivitas siswa pada proses pembelajaran umumnya mereka hanya mendengarkan guru memberikan materi dengan ceramah didepan kelas dan sangat kurang terlibat aktif di kelas. Berdasarkan wawancara terhadap guru bidang studi matematika, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dikarenakan siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada operasi hitung bilangan bulat. Pada umumnya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah para siswa lemah dalam pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat yang maliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Namun, didalam permasahan ini guru juga tidak berkreasi mencoba menggunakan metode pembelajaran lain untuk menyampaikan meteri ke siswa. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II adalah salah satu ragam dari pembelajaran kooperatif. Model Jigsaw II tampaknya dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Ada beberapa alasan perlunya menggunakan model Jigsaw II agar aktivitas dan hasil belajar dapat ditingkatkan. Alasan tersebut diantaranya, dapat meningkatkan partisipasi siswa, terutama pada kelompok. Model pembelajaran Jigsaw II dikembangkan sebagai variasi model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan diatas, maka didapatkan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II, bagaimana peningkatan aktivitas siswa, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri Darsono Jember setelah mengikuti pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II pada sub pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Selanjutnya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, mengetahui peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada sub pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 22 siswa, dengan perbandingan jumlah siswa, 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam viii penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins yang berbentuk spiral. Dimana tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planing), penerapan tindakan (action), mengobservasi (observation) dan melakukan refleksi (reflecting). Selanjutnya pelaksanaan penelitian adalah terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Selanjutnya data yang dianalisis adalah penerapan pembelajaran Jigsaw II (persentase aktivitas guru), aktivitas siswa (persentase), hasil belajar siswa (rata-rata kelas), dan wawancara (interview). Proses pembelajaran diawali dengan pelaksanaan pre tes. Hasil pre tes digunakan untuk membentuk kelompok Asal yang heterogen. Para siswa bekerja dalam kelompok Asal dan kelompok Ahli yang didalamnya terdapat poin-poin aktivitas yang diamati yaitu diskusi, mengemukakan pendapat, memperhatikan pendapat teman, bertanya, presentasi hasil diskusi, memperhatikan penjelasan teman dan menyelesaikan LKS. Analisis data yang digunakan terdiri dari : (1) deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan kesulitan-kesulitan siswa; (2) analisis kuantitatif yang di lakukan terhadap hasil tes siswa. Hasil dan kesimpulan yang diperoleh setelah pelaksanaan siklus I dan II adalah sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II sub pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember tahun ajaran 2011/2012 secara umum berjalan dengan lancar. Siswa dan guru mengaku senang dengan penerapan pembelajaran yang digunakan. (2) Aktitivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siklus I sebesar 79,55% mengalami peningkatan dan pada siklus II menjadi 89,58%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 80,23 kemudian meningkat pada siklus II menjadi sebesar 88,18.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191076;
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw IIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI DARSONO JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record