dc.contributor.author | KRISTIAWAN, Wendy Indra | |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T08:50:29Z | |
dc.date.available | 2024-01-30T08:50:29Z | |
dc.date.issued | 2024-01 | |
dc.identifier.nim | 200210102023 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119744 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Januari 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Rangkaian listrik tertutup dua loop sulit dipahami karena menggunakan
metode subtitusi-eliminasi yang tahapannya panjang dan sulit diikuti. Bahan ajar
yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga siswa kurang memahami materi
dan menyebabkan hasil belajar fisika rendah. Berdasarkan hasil angket kebutuhan
guru fisika dan siswa SMA, bahan ajar rangkaian listrik tertutup dua loop jarang
dijumpai, berisi materi tidak lengkap, dan tampilan tidak menarik. Solusi untuk
mengatasi masalah tersebut yakni dibutuhkannya modul ajar dengan metode
penyelesaian soal rangkaian listrik tertutup dua loop yang efisien untuk
meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA. Salah satu metode yang dinilai
efisien adalah determinan matriks. Determinan matriks identik dengan rangkaian
listrik tertutup dua loop, karena beragamnya variabel yang disusun menjadi
persamaan, diubah menjadi matriks, dan diketahui nilainya menggunakan
determinan matriks berbantuan aturan Cramer. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA, serta
mendeskripsikan respon guru fisika dan siswa SMA setelah implementasi modul
ajar determinan matriks dalam rangkaian listrik tertutup dua loop.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain One Group PretestPosttest Design. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh dari pengerjaan tes
(pretest dan posttest). Data respon guru fisika dan siswa diperoleh dari pengisian
lembar angket respon. Data nilai tes dianalisis menggunakan uji N-Gain berupa
skor untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA dan data skor
respon dianalisis menggunakan uji respon berupa persentase untuk mengetahui
respon guru fisika dan siswa SMA melalui modul ajar yang diimplementasikan. Berdasarkan data nilai tes, rata-rata nilai pretest sebesar 42,71 dan rata-rata
nilai posttest sebesar 89,61. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan. Analisis data menggunakan uji Normalized Gain ⟨ ⟩ menghasilkan
skor rata-rata N-Gain sebesar 0,82. Skor tersebut menyatakan bahwa hasil belajar
fisika siswa SMA mengalami peningkatan pada kategori tinggi yang disebabkan
karena implementasi modul ajar determinan matriks dalam rangkaian listrik
tertutup dua loop. Modul ajar tersebut berisi metode determinan matriks yang
tahapannya efisien dan mudah diikuti. Hal ini mengakibatkan siswa mudah
menjawab soal rangkaian listrik tertutup dua loop dengan waktu semaksimalnya,
sehingga memperoleh nilai yang memuaskan dan meningkat. Berdasarkan data
hasil respon, rata-rata persentase respon guru fisika sebesar 93,06% dan rata-rata
persentase respon siswa sebesar 88,39%. Persentase tersebut menyatakan bahwa
respon guru dan siswa sangat positif terhadap modul ajar “Penyelesaian Soal
Rangkaian Listrik Tertutup Dua Loop dengan Metode Determinan Matriks”.
Respon sangat positif digunakan untuk menyatakan bahwa modul ajar layak dan
efektif diimplementasikan dalam pembelajaran fisika. Modul ajar memuat materi
lengkap dengan bahasa komunikatif, praktis dipegang, dan tampilan menarik.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah implementasi modul ajar determinan
matriks dalam rangkaian listrik tertutup dua loop dapat meningkatkan hasil belajar
fisika siswa SMA dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,82 pada kategori
tinggi. Selain itu, implementasi modul ajar determinan matriks dalam rangkaian
listrik tertutup dua loop juga memperoleh respon dari guru fisika dengan rata-rata
persentase 93,06% dan siswa dengan rata-rata persentase 88,39% pada kategori
sangat positif. Dengan demikian, modul ajar determinan matriks dalam rangkaian
listrik tertutup dua loop layak dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar
dalam pembelajaran fisika kelas XII di SMA | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E.
Dosen Pembimbing anggota : Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Determinan Matrik | en_US |
dc.subject | Rangkaian Listrik Tertutup Dua Loop | en_US |
dc.subject | Implementasi Modul Ajar | en_US |
dc.title | Implementasi Modul Ajar Determinan Matriks dalam Rangkaian Listrik tertutup Dua Loop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Maryani, M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 26 Januari 2024 | en_US |