dc.contributor.author | KAMALIA, Diana | |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T08:49:01Z | |
dc.date.available | 2024-01-30T08:49:01Z | |
dc.date.issued | 2024-01-17 | |
dc.identifier.nim | 200210102118 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119742 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Januari 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran fisika dapat dilakukan dengan membuat simulasi gerak
untuk membantu memvisualisasikan suatu peristiwa. Berpikir komputasi
merupakan kemampuan yang dapat memberikan arahan untuk mengahadapi abad
21. Hasil observasi di salah satu sekolah menunjukkan bahwa berpikir komputasi
belum diajarkan. Kemampuan berpikir komputasi dapat membantu siswa dalam
menyelesaikan permasalahan. Ketersedian bahan ajar yang terbatas pada buku
paket menjadi salah satu permasalahan dalam pendidikan. Bahan ajar seperti
Lembar Kerja Perserta Didik (LKPD) dapat digunakan sebagai penunjang siswa
untuk membantu pemecahan masalah. Geogebra dapat digunakan dalam
pembelajaran fisika untuk memecahkan permasalahan. Kemampuan siswa dalam
membaca hasil percobaan yang disajikan dalam bentuk grafik diperlukan agar
tidak terjadi kesalahan ketika mengerjakan soal terutama pada materi Gerak Lurus
Berubah Beraturan (GLBB). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
kemampuan berpikir komputasi siswa melalui implementasi LKPD terintegrasi
Geogebra pada indikator abstraksi, dekomposisi, berpikir algoritma, dan
generalisasi.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian gabungan antara kuantitatif dan
kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian oleh concurrent
embedded strategy design. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu
data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini merupakan hasil
kemampuan berpikir komputasi siswa melalui implementasi LKPD terintegrasi
Geogebra. Data sekunder dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara terstruktur,
observasi, dan dokumentasi. Kemudian, dilakukan analisis data kualitatif
menggunakan pendekatan interaktif oleh Miles dan Huberman dengan tahapan
yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Sedangkan, analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan rumus untuk
memberikan penilaian LKPD.Penelitian ini menggunakan empat indikator
kemampuan berpikir komputasi yaitu: abstraksi, dekomposisi, berpikir algoritma,
dan generalisasi. Pada indikator abstraksi, mayoritas siswa mendapatkan kategori
sangat baik karena siswa mampu menentukan informasi penting dalam
penyelesaian masalah serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan simulasi.
Indikator berpikir komputasi dekomposisi mayoritas siswa tergolong sangat baik
karena mampu melakukan identifikasi dan menguraikan permasalahan menjadi
bagian-bagian yang lebih sederhana. Hal ini ditunjukkan ketika siswa mampu
menentukan variabel percobaan, menghitung nilai percepatan, dan
mengidentifikasi hasil nilai jarak yang ditempuh dari perhitungan manual dan
simulasi. Pada indikator berpikir algoritma mendapatkan kategori sangat baik
karena mayoritas siswa mampu menentukan dan menjelaskan langkah-langkah
untuk solusi permasalahan. Hal ini terlihat ketika siswa menyajikan data pada
tabel hasil percobaan, pembuatan simulasi, membuat grafik menggunakan
simulasi, dan membuat flowchart. Indikator generalisasi menunjukkan hasil
bahwa siswa termasuk dalam kategori baik. Kemampuan generalisasi siswa dapat
terlihat ketika menentukan persamaan pola pada soal, mempresentasikan hasil
percobaan, dan menyimpulkan hasil percobaan.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir komputasi
mayoritas siswa pada indikator abstraksi, dekomposisi, dan berpikir algoritma
tergolong sangat baik. Pada indikator generalisasi kemampuan siswa tergolong
dalam kategori baik. Penelitian ini masih dapat dikembangkan kembali dengan
menambah subjek penelitian lebih dari satu kelas agar dapat membandingkan
perlakuan antara kelas kontrol dan eksperimen melalui LKPD yang diintegrasikan
menggunakan Geogebra. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si.
Pembimbing Anggota Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Komputasi | en_US |
dc.subject | Implementasi LKPD | en_US |
dc.subject | Materi Gerak | en_US |
dc.title | Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Implementasi LKPD Terintegrasi Geogebra pada Materi Gerak | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Rif”ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 26 Januari 2024 | en_US |