dc.contributor.author | ARUMINAH, Asri | |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T08:25:12Z | |
dc.date.available | 2024-01-30T08:25:12Z | |
dc.date.issued | 2023-11-23 | |
dc.identifier.nim | 190210101124 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119734 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Januari 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan numerasi merupakan usaha peserta didik dalam menganalisis
suatu permasalahan sehingga dapat merumuskan, menyelesaikan masalah tersebut,
serta mengambil kepurusan dengan tepat. Kemampuan numerasi di Indonesia
masih jauh dari kata memuaskan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji PISA
bahwa Indonesia berada di urutan 75 dari 80 negara dengan skor 379 dari total skor
500. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan numerasi peserta didik yaitu
kurangnya peserta didik dalam memahami masalah dan kurangnya inovatif model
pembelajaran yang digunakan. Oleh sebab itu, upaya yang dapat dilakukan dengan
cara menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Mind
Mapping pada proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model
Discovery Learning berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan numerasi
matematika peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal HOTS materi
bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain
penelitian quasi experiment dan bentuk desain penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen penelitian ini berupa RPP, observasi
keterlaksanaan pembelajaran, soal tes dan LKPD. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini
yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3 Jember semester ganjil tahun ajaran
2023/2024, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan
VIII C sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik random
sampling setelah semua kelas VIII dinyatakan bersifat homogen. Pada kelas eksperimen (E) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantun
Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol (K) menggunakan model pembelajaran
Discovery Leaning tanpa bantuan mind mapping.
Peroleh nilai pretest dan posttest kedua kelas dianalisis menggunakan uji
statistik dengan berbantuan aplikasi SPSS. Hasil rata-rata nilai pretest kelas kontrol
sebesar 34,06 dan kelas eksperimen sebesar 39,35. Berdasarkan kategori tingkat
kemampuan numerasi kedua kelas berada di tingkat sedang. Hail uji nilai pretest
kedua kelas selanjutnya diuji menggunakan uji Independent Sample T-Test
diperoleh nilai sign. (2-tailed) yaitu 0,480 > 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa
tidak terdapat perbedaan antara rata-rata nilai pretest kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Pada hasil posttest kedua kelas mengalami peningkatan, rata-rata nilai
posttest kelas kontrol sebesar 58,95 dan kelas eksperimen sebesar 76,34. Hasil uji
nilai posttest kedua kelas selanjutnya diuji menggunakan uji Mann-Whitney
diperoleh nilai sign. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa nilai
rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol setelah diberi
perlakuan. Selanjutnya, pada uji N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar
daripada kelas kontrol yaitu 0,40 > 0,61 yang artinya peningkatan kemampuan
numerasi kedua kelas tergolong sedang. Meskipun sama-sama-sama termasuk
dalam kategori sedang, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai N-Gain yang lebih
baik daripada kelas kontrol. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing Anggota : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Discovery Learning | en_US |
dc.subject | Mind Mapping | en_US |
dc.subject | Kemampuan Numerasi Matematika | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 26 Januari 2024 | en_US |