dc.contributor.author | ANGGRAENI, Nadiah Putri | |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T08:09:03Z | |
dc.date.available | 2024-01-30T08:09:03Z | |
dc.date.issued | 2024-01-19 | |
dc.identifier.nim | 200210102042 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119726 | |
dc.description.abstract | Pada era globalisasi, pendidikan yang berkualitas merupakan suatu keharusan agar sumber daya yang dihasilkan bisa bersaing secara global. Peningkatan kualitas pendidikan dicapai dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada pembelajaran fisika melibatkan teori yang tidak hanya berupa konsep nyata, melainkan juga mencakup teori yang bersifat abstrak. Kurangnya pemahaman akan berdampak pada hasil belajar. Meningkatkan pemahaman siswa dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaraan kooperatif yang dapat membangun pembelajaran yang aktif. Aktivitas belajar adalah seluruh aktivitas siswa dalam proses belajar yang mencakup kegiatan fisik dan kegiatan psikis. Penerapan model pembelajaran STAD dapat dikombinasikan dengan teknologi agar memotivasi siswa salah satunya E-LKPD liveworksheets. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disertai E-LKPD liveworksheets. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Jember pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment yang termasuk penelitian kuantitatif dengan desain only posttest control group. Sampel diambil secara cluster random sampling dengan teknik undian. Sebelum pengambilan sampel dilakukan uji homogenitas menggunakan nilai sebelum materi energi dan perubahannya. Data hasil belajar didapatkan melalui posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 10. Data aktivitas belajar didapatkan melalui lembar observasi dan diamati oleh observer. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 1 sebagai kelas eksperimen dan Produksi Siaran Televisi/ Film (PST) 1 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis hasil belajar menggunakan uji statistik dan aktivitas belajar sebagai data pendukung. Data hasil belajar diambil menggunakan posttets pada akhir pertemuan sedangkan aktivitas belajar diambil melalui observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Posttest yang diberikan mencakup ranah kognitif menganalisis (C4), menyintesis, (C5), dan menciptakan (C6). Pada aktivitas belajar terdapat lima indikator yang akan dianalisis yaitu, visual, mendengarkan, mental, diskusi, dan emosional. Berdasarkan uji Mann Whitney U Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disertai E-LKPD liveworksheets terhadap hasil belajar fisika. Hasil aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, pada pertemuan pertama rata-rata aktivitas belajar siswa 87,57% dengan kategori sangat aktif. Pada pertemuan kedua rata-rata aktivitas belajar siswa 91,57%. Pada pertemuan ketiga rata-rata aktivitas belajar siswa 96,00%. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran seperti bertanya, memperhatikan, berdiskusi, bersemangat dalam mengikuti pembelajaran akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Adanya kolaborasi dengan teman sekelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui bertukar ide ataupun pendapat. Pemahaman siswa yang baik terhadap materi yang diberikan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disertai E-LKPD liveworksheets terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMK Negeri 5 Jember pada materi energi dan perubahannya. Hal tersebut didukung dengan aktivitas belajar siswa selama tiga pertemuan berkategori sangat aktif. Siswa terlibat sangat aktif selama proses pembelajaran dan berkolaborasi dalam memecahkan permasalahan yang disajikan dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan tiga pertemuan termasuk dalam kategori sangat aktif. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.
Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
dc.subject | E-LKPD | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Liveworksheets | en_US |
dc.subject | STAD | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Kooperatif STAD Disertai E-LKPD Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Energi dan Perubahannya pada Siswa SMK | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |