Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANINGTYAS, Cindy Dwi
dc.date.accessioned2024-01-26T07:57:04Z
dc.date.available2024-01-26T07:57:04Z
dc.date.issued2024-01-09
dc.identifier.nim200210104013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119650
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 26 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractScientific writing skill diharapkan dapat dikembangkan pada siswa SMP sebagai persiapan dalam menghadapi era 21, terutama bagi yang berminat mengembangkan potensi di bidang sains, teknologi, dan ilmu pengetahuan lainnya. Scientific writing skill merupakan salah satu kemampuan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi Scientific writing skill mencakup logika bahasa, pemahaman yang baik tentang tata bahasa dan tata penulisan, dan penggunaan bahasa baku yang tepat, yang merupakan karakteristik bahasa ilmiah. Oleh karena itu, penguasaan scientific writing skill sangat penting dan harus dipelajari dan diterapkan karena alasan berikut: (1) Seseorang yang memiliki pendidikan tinggi harus mampu menyampaikan ide dan konsep melalui tulisan; (2) Fakta menunjukkan bahwa pendidik yang telah menjalani pendidikan tinggi tidak memiliki kemampuan menulis yang memadai, terutama dalam hal penulisan karya ilmiah; dan (3) Karya ilmiah memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari karya lainnya. Scientific writing skill merupakan salah satu faktor kemungkinan yang dapat digunakan siswa SMP untuk menyelesaikan berbagai tugas sekolah. Scientific writing skill mencakup kemampuan menyusun gagasan secara logis dan sistematis, mengumpulkan dan menganalisis informasi, serta kemampuan menyusun laporan atau esai dalam format dan gaya yang memenuhi standar ilmiah. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tidak dapat dipisahkan dari penyelidikan yang dilakukan dengan metode ilmiah dan teratur. Banyak tugas sekolah, seperti laporan praktikum, proyek penelitian, atau esai ilmiah, menuntut siswa untuk dapat menulis dengan jelas dan akurat tentang topik yang mereka pelajari. Siswa yang memiliki scientific writing skill yang baik dapat secara efektif mengungkapkan ide dan kesimpulan mereka, membuat argumen yang kuat dan memberikan dukungan. Hal ini dapat membantu mereka mencapai hasil yang lebih baik di kelas dan memberi mereka keunggulan dalam kehidupan kerja mereka di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran dengan model Problem-Based Learning berbantuan LKPD berbasis multirepresentasi terhadap Scientific Writing Skill siswa di SMP serta mengkaji peningkatan Scientific Writing Skill siswa setelah pembelajaran menggunakan model ProblemBased Learning berbantuan LKPD berbasis mutirepresentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test control group. Desain ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum implementasi model problem-based learning dan LKPD berbasis multirepresentasi, dilakukan pre-test untuk mengukur kemampuan awal siswa dalam kedua kelompok. Kemudian, setelah pelaksanaan model tersebut dilakukan post-test untuk menilai dampaknya terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penentuan sampel dilaksanakan melalui metode purposive sampling. Metode purposive sampling adalah pendekatan pengambilan sampel yang mempertimbangkan kriteria yang dipilih oleh peneliti ketika memilih sampel yang akan diselidiki. Kriteria yang digunakan berdasarkan rata-rata nilai ujian semua kelas VIII pada materi sebelumnya, kemudian didapatkan dua kelas yang memiliki rata-rata nilai ulangan hampir sama. Kelas tersebut akan digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data scientific writing skill kelas ekperimen dan kelas kontrol didapat dari hasil pre-test yang dilakukan pada awal pertemuan pembelajaran dan hasil post-test didapat setelah akhir pembelajaran. Nilai scientific writing skill pada soal pre-test dan post-test memuat 6 indikator scientific writing skill. Rata-rata nilai pre-test di kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen, dengan rata-rata mencapai 44,16 dan nilai tertinggi 66,66 serta nilai terendah sebesar 20. Sementara itu, ratarata pre-test di kelas eksperimen adalah 42,91, dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 26,66. Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai scientific writing skill di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 82,70 dengan nilai tertinggi 93,33 dan nilai terendah 82,70, sedangkan nilai posttest di kelas kontrol adalah 50,20 dengan nilai tertinggi 73,33 dan terendah 20. Standar deviasi yang terlihat dalam data dari kedua kelompok, kontrol dan eksperimen, menunjukkan adanya variasi yang signifikan dalam nilai-nilai tersebut, mengindikasikan bahwa data tersebut tidak homogen. Hasil perhitungan N-Gain score menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain score kelas eksperimen yang menggunakan Model PBL adalah 0,69, yang masuk dalam kategori cukup efektif. Rentang N-Gain score berkisar antara 0,25 hingga 0,91. Rata-rata N-Gain score kelas kontrol adalah 0,10 yang termasuk dalam kategori rendah atau tidak efektif. Rentang N-Gain score untuk kelas kontrol berkisar antara -0,50 hingga 0,56. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem-Based Learning cukup efektif dalam meningkatkan scientific writing skill siswa SMP Negeri 7 Jember pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data dan diskusi yang telah diuraikan, dapat disimpulkan penggunaan model PBL dengan bantuan LKPD berbasis multirepresentasi secara signifikan memengaruhi scientific writing skill siswa SMP. Penerapan model PBL dengan bantuan LKPD berbasisi multirepresentasi dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan scientific writing skill siswa SMP. Dengan demikian, model PBL dengan bantuan LKPD berbasis multirepresentasi berpengaruh terhadap scientific writing skill siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dr.Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E. Pembimbing Anggota: Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Problem-Based Learningen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectScientific Writing Skilen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan LKPD Berbasis Multirepresentasi Terhadap Scientific Writing Skill Siswa SMP dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 25 Januari,2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record