dc.contributor.author | RACHMADHAN, Muhammad Burhan Nurdin | |
dc.date.accessioned | 2024-01-24T04:16:43Z | |
dc.date.available | 2024-01-24T04:16:43Z | |
dc.date.issued | 2023-12-01 | |
dc.identifier.nim | 170210101107 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119609 | |
dc.description.abstract | Pendidikan sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi. Pendidikan
di Indonesia berupaya untuk menyelaraskan kemajuan teknologi. Salah satu
bentuknya berupa memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran
berupa media pembelajaran. Media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran
membutuhkan literasi ICT. Pembelajaran yang menggunakan literasi ICT dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan meningkatkan minat belajar
peserta didik khususnya peserta didik SMA kelas X pada mata pelajaran
matematika. Adapun contoh dari media pembelajaran yang dapat digunakan
berupa GeoGebra. GeoGebra dapat menampilkan visualisasi yang akurat
terhadap bentuk geometri dengan dua dimensi maupun tiga dimensi bahkan dapat
melihat bentuk dari fungsi yang diberikan dari pengguna. Berbagai fitur dari
GeoGebra dapat membuat para developer untuk merakit media pembelajaran yang
cocok dengan materi yang akan dibahas oleh peserta didik. Salah satu materi yang
cocok dibahas adalah hubungan koefisien dan konstanta terhadap grafik fungsi
kuadrat. GeoGebra yang telah dirakit dan dikembangkan oleh developer
menjadikan hal baru oleh peserta didik SMAN kelas X dalam proses
pembelajarannya. Maka dari itu, peneliti melakukan pengembangan media
pembelajaran dengan GeoGebra. Adanya media pembelajaran dengan GeoGebra
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan memberikan
pengalaman baru tentang penggunaan media pembelajaran dalam materi
hubungan koefisien dan konstanta terhadap grafik fungsi kuadrat serta
meningkatkan literasi ICT peserta didik Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan
disseminate. Media pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kritera
valid, praktis, dan efektif agar dapat dikatakan layak dijadikan media
pembelajaran dan dapat meningkatkan literasi ICT peserta didik. Kriteria valid
ditentukan oleh hasil validasi dari tiga validator dan kriteria praktis serta efektif
ditentukan melalui hasil uji coba kepada subjek penelitian, yaitu peserta didik
kelas X-3 SMAN 1 Waru Sidoarjo yang berjumlah 35 peserta didik dengan satu
peserta didik tidak hadir. Hasil yang didapat menunjukkan media pembelajaran
dinyatakan valid dengan nilai koefisien 0,88 yang berkategori sangat tinggi.
Media juga dikatakan praktis, berdasarkan hasil angket respons peserta didik
dengan persentase sebesar 81,30% yang berkategori praktis. Keefektifan media
didapatkan dari hasil tes akhir peserta didik yang memenuhi KKM dan
peningkatan literasi ICT. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil tes peserta didik
telah memenuhi KKM sebesar 88% dari 34 peserta didik. N-Gain dari angket
literasi ICT sebesar 0,70 yang berkategori tinggi. N-Gain masing-masing literasi
ICT juga mengalami peningkatan, yaitu access sebesar 0,88 berkategori tinggi,
manage sebesar 0,86 berkategori tinggi, integrate sebesar 0,49 berkategori
sedang, evaluate sebesar 0,44 berkategori sedang, create sebesar 0,79 berkategori
tinggi, Sehingga media dinyatakan efektif dan adanya peningkatan literasi ICT. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 : Lioni Anka Monalisa, S.Pd, M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Software GeoGebra | en_US |
dc.subject | Kemampuan Literasi ICT | en_US |
dc.subject | Grafik Fungsi Kuadrat, | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi ICT Peserta Didik pada Materi Hubungan Koefisien dan Konstanta Terhadap Grafik Fungsi Kuadrat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lioni Anka Monalisa, S.Pd, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 19 Januari 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |