• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BILINGUAL MATEMATIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (810.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Carina Astari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Globalisasi yang melanda dunia membawa berbagai konsekuensi logis bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Proses globalisasi ini menjadi lebih menarik ketika sudah merambah dalam sistem pendidikan. Nanang (2009) mengemukakan bahwa substansi pendidikan nasional hampir selalu diorientasikan pada pemenuhan kebutuhan pasar global ditingkat internasional. Adanya temuan lapang yang diperoleh peneliti bahwa beberapa SMP yang menerapkan pembelajaran bilingual masih menggunakan perangkat pembelajaran yang berbahasa indonesia atau berbahasa inggris saja dan sebagian menggunakan dua bahasa (bilingual). Oleh karena itu, dikembangkan suatu perangkat pembelajaran dengan menggunakan dua bahasa (bilingual) yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan tujuan dapat membantu siswa dalam memahami materi sekaligus untuk melatih kemampuan siswa dalam berbahasa inggris sebagai sebuah bentuk adaptasi terhadap pembelajaran disekolah. Selama ini pengelolaan pembelajaran matematika dikelas dimulai dari pemberian teori, kemudian contoh-contoh dan terakhir siswa diberikan soal-soal latihan. Seharusnya perlu dipikirkan cara-cara penyajian dan suasana pembelajaran matematika yang memungkinkan anak mudah memahami serta merasa senang belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengakrabkan matematika dengan realitas kehidupan anak. Oleh karena itu, dikembangkan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL pada pokok bahasan prisma dan limas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas, (2) mengetahui hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D. Model 4-D memiliki empat tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Jember kelas VIII A dan siswa SMPN 2 Jember kelas VIII E. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII yang valid. Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 0.9865 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Guru sebesar 0.9856 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Siswa sebesar 0.9894 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 0.9775 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, dan nilai tingkat kevalidan Tes Hasil Belajar (THB) sebesar 1.0 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan prisma dan limas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11953
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository