dc.contributor.author | MAULANA, Nauval Yasfika | |
dc.date.accessioned | 2024-01-12T07:45:40Z | |
dc.date.available | 2024-01-12T07:45:40Z | |
dc.date.issued | 2024-01-03 | |
dc.identifier.nim | 210810201160 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119454 | |
dc.description | validasi_repo_firli_januari_2024_8
Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Januari 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Berkembangnya teknologi mempengaruhi industri pasar modal yang mulai
memanfaatkan teknologi online trading. Aplikasi online trading menjadi populer
karena memberikan akses yang mudah, cepat, dan aman ke pasar modal.
Berdasarkan laporan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) jumlah investor
di pasar modal Indonesia telah tembus 10 juta investor per November 2022.
Kenaikan jumlah investor menjadikan persaingan perusahaan sekuritas di indonesia
semakin kompetitif. PT Sucor Sekuritas menjadi salah satu perusahaan sekuritas di
Indonesia dengan layanan mulai dari broker ekuitas, Investment Banking, aset
manajemen, dan perdagangan efek. Strategi yang dilakukan oleh PT Sucor
Sekuritas untuk meningkatkan kepuasan yang pada akhirnya menjadikan nasabah
menjadi loyal yakni menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM)
yang terdiri dari 2 konstruk utama yaitu Perceived Usefulness dan Perceived Ease
Of Use untuk mengatasi persepsi dari diri nasabah dalam penerimaan dan
penggunaan teknologi baru akibat perilisan aplikasi online trading yang baru.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah nasabah Sucor Sekuritas pengguna aplikasi SPOT online
trading di Indonesia. Metode sampling dalam penelitian ini menggunakan non
probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dengan kriteria responden merupakan
nasabah ritel Sucor Sekuritas dan pernah melakukan transaksi menggunakan
aplikasi SPOT online trading minimal 3 kali. Penelitian ini menggunakan data
kuantitatif melalui hasil kuesioner lalu diolah dengan pendekatan statistik. Sumber
data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan instrumen
penelitian menggunakan kuesioner melalui google form. Alat analisis data yang
digunakan dalam penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis)
menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perceived usefulness berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, 2. Perceived ease of use berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, 3. Perceived usefulness berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, 4. Perceived ease of use berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, 5. Kepuasan Nasabah berpengaruh
signifikan terhadap Loyalitas Nasabah pada aplikasi SPOT online trading. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Prof. Dr. Diah Yulisetiarini, M.Si. ;
Dosen Pembimbing anggota : Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Perceived Usefulness | en_US |
dc.subject | Online Trading | en_US |
dc.subject | Kepuasan Nasabah | en_US |
dc.subject | Loyalitas Nasabah | en_US |
dc.title | Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use Terhadap Loyalitas pada Aplikasi Spot Online Trading dari Sucor Sekuritas melalui Kepuasan Nasabah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Manajemen | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Diah Yulisetiarini, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Deasy Wulandari, S.E., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_januari_2024_8 | en_US |