• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Round Table dan Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester Ganjil MTs. NU Maron Tahun Ajaran 2011/2012 pada Sub Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (810.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Azza Tri Maulana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih menjadi perhatian para ahli pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran oleh guru pada umumnya masih mendominasi sehingga siswa hanya menerima materi pelajaran secara pasif. Oleh sebab itu, pendidikan saat ini hendaknya didasarkan pada tingkat kualitas dan kemampuan para guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk menghadapi permasalahan dalam bidang pendidikan. Salah satu tipe dalam model pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran model round table dan problem posing. Round table adalah pembelajaran kooperatif dengan menyusun meja berbentuk bundar dan siswa mengerjakan tugas dari guru. Model pemberian tugas pengajuan soal (problem posing) pada intinya adalah meminta siswa untuk mengajukan soal atau masalah dan masalah yang diajukan dapat berdasar pada topik yang luas, soal yang sudah dikerjakan atau informasi tertentu yang diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran kooperatif model round table dan problem posing, sehingga siswa dapat saling bekerja sama dalam pembelajaran dan saling membantu jika ada kesulitan belajar, serta dapat diketahui aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan penerapan pembelajaran kooperatif model round table dan problem posing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII semester ganjil MTs. NU Maron tahun ajaran 2011/2012 pada sub pokok bahasan operasi bilangan bulat. Pengambilan data ini dilakukan di MTs. NU Maron pada tanggal 20 Juli 2011–12 Agustus 2011. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah vii dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus, sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini. Masingmasing siklus mempunyai 4 tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penerapan pembelajaran kooperatif model round table dan problem posing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII semester ganjil MTs. NU Maron tahun ajaran 2011/2012 pada sub pokok bahasan operasi bilangan bulat dapat berjalan dengan lancar dan baik. Penerapan pembelajaran kooperatif model round table dan problem posing dilakukan dengan memberi suatu permasalahan kepada siswa melalui LKS, membuat soal dan menjawabnya sendiri. Penerapan pembelajaran kooperatif model round table dan problem posing dilakukan dengan menilai aktivitas siswa, memberikan latihan berupa LKS dan PR, dan pemberian tes di akhir siklus. Pada proses kegiatan pembelajaran, awalnya siswa merasa kesulitan dalam membuat soal sendiri dan jawabannya. Masing-masing kelompok membuat soal yang hampir sama dengan soal buatan guru, hanya ada beberapa kelompok yang membuat soal dengan memodifikasi atau yang berbeda dengan soal buatan guru. Siswa merasa kesulitan jika harus membuat soal yang berbeda dengan soal buatan guru. Guru memberi pengarahan dan bimbingan kepada siswa dalam membuat soal. Guru memberitahu siswa bahwa siswa boleh membuat soal yang berbeda asalkan soal masih berada dalam ruang lingkup materi yang diajarkan. Akhirnya siswa bisa membuat soal yang berbeda dengan soal buatan guru. Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya, siswa sudah terbiasa dalam mengerjakan LKS, diskusi kelompok, membuat soal dan jawabannya, dan mengerjakan soal dari kelompok lain. Aktivitas siswa yang dinilai antara lain proses membentuk kelompok, proses pengerjaan LKS dalam kelompok, partisipasi dalam kelompok, proses pembuatan soal, dan cara memberikan kesimpulan. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Pada pertemuan I dan II rata-rata aktivitas siswa sebesar 68,5%, pertemuan III 78%, pertemuan V 86%, dan pertemuan VI dan VII sebesar 89,5%. Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 75% menjadi 85%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 75%. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 85%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11941
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository