dc.contributor.author | SARI, Lala Lustiana Rinka | |
dc.date.accessioned | 2023-12-27T07:21:59Z | |
dc.date.available | 2023-12-27T07:21:59Z | |
dc.date.issued | 2023-04-05 | |
dc.identifier.nim | 170210302045 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119314 | |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_30
Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 Desember 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Peserta didik diharap aktif dalam proses pembelajaran sejarah salah satunya
harus memiliki kemampuan Critical Thinking Skill. Namun berdasarkan penelitian
terdahulu menujukkan data permasalahan CTS peserta didik rendah. Selanjutnya
penulis konfirmasi lebih lanjut dengan observasi awal melalui penyebaran angket
CTS yang diadptasi dari Ennis (1985), terlihat dari peserta didik di tiga sekolah,
yaitu SMAN Kencong, SMAN Rambipuji dan SMAN Ambulu diperoleh data
48,1% Peserta didik memiliki tingkat critical thinking skill rendah. Data ini
menunjukkan kesesuaian dengan kajian terdahulu dengan observasi awal bahwa
peserta didik memiliki tingkat CTS rendah. Selanjutnya berdasarkan hasil Analisis
Performansi dan Need Assessment menunjukkan 1) 100% kendala terakit media
pembelajaran; 2) 86% metode yang digunakan ceramah; 3) 80% menggunakan
buku dan lks 4) 70% kurang tertarik pada pembelajaaran sejarah dengan: 5) 36%
gaya bealajar auditori. Maka dari hasil data diatas diperlukan bahan ajar inovatif
yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran Sejarah
yakni E-Modul Berbabasis Carousel Feedback untuk Meningkatkan Critical
Thinking Skill.
Tujuan Penelitian yang dalam penelitian antara lain: (1) Menghasilkan
produk berupa modul berupa modul elektronik berbasis carousel feedback mata
pelajaran sejarah kelas XI KD 3.2 yang efektif digunakan dalam pembelajaran: (2)
Meningkatkan efektifitas berpikir kritis peserta didik dengan pemanfaatan
teknologi pada pembelajaran sejarah.
Model yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE yang
dikembangakan oleh Branch, R yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (Analize, Design,
Development, Implementation, Evaluation) (Branch.2010).
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
viii
E-modul berbasis carousel feedback telah tervalidasi dengan hasil, yaitu:
validasi dari ahli isi bidang studi mencapai persentase 75% dengan kualifikasi
“baik”, validasi ahli bahasa pembelajaran mencapai persentase 86% dengan
kualifikasi “sangat baik” dan validasi ahli media mencapai 81% dengan kualifikasi
“baik”. Pada tahap uji coba pengguna didapatan presentase 92% dengan kualifikasi
“sangat baik”. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh peningkatan critical thinking
skill peserta didik sebesar 84,1% dengan kualifikasi “sangat tinggi” dan pada uji
coba lapangan didapat hasil peningkatan critical thinking skill sebesar 83,7%
dengan kualifikasi “sangat tinggi”
Tahap uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 peserta didik menunjukan
nilai pre test 45,3 dan post test sebesar 84,1. Nilai rata-rata post test tersebut terlihat
lebih besar dibandingkan nilai pre test. Sehingga disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan critical thinking skill peserta didik pada kelompok kecil setelah
menggunakan E-modul berbasis carousel feedback .Pada Uji coba lapangan yang
melibatkan 23 peseta didik menunjukkan nilai rata-rata pre test sebesar 44,7 dan
post test sebesar 83,7. Nilai rata-rata post test tersebut terlihat lebih besar
dibandingkan nilai pre test. Sehingga disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
critical thinking skill peserta didik pada uji coba lapangan setelah menggunakan Emodul berbasis carousel feedback.
Adapun saran pemanfaatan e-modul berbasis carousel feedback yaitu: (1)
Pengembangan E-modul berbasis carousel feedback pada mata pelajaran Sejarah
kelas XI KD 3.2 dapat digunakan sebagai sumber belajar terintegrasi teknologi
untuk mendukung aktivitas belajar yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad
21; (2) Proses pembelajaran E-modul berbasis carousel feedback sesuai dengan
gaya belajar generasi Z yang cenderung menggunakan teknologi dengan
penggunaan fleksibel yang memungkinkan untuk diakses kapanpun dan
dimanapun.; (3) E-modul berbasis carousel feedback pada mata pelajaran Sejarah
untuk meningkatkan critical thinking skill peserta didik dalam pemenuhan 4C Skill | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Sumardi, M.Hum
Dosen Pembimbing anggota : Dr. Nurul Umamah, M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | E-modul | en_US |
dc.subject | Historical Learning | en_US |
dc.subject | Carousel Feedback | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.title | Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Carousel Feedback untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Kelas XI dengan Mengunkan Model ADDIE | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sumardi, M.Hum | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Nurul Umamah, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_30 | en_US |