dc.contributor.author | WARDANI, Iklila Indah | |
dc.date.accessioned | 2023-12-21T04:27:44Z | |
dc.date.available | 2023-12-21T04:27:44Z | |
dc.date.issued | 2023-07-13 | |
dc.identifier.nim | 190210104004 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119258 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran pada abad 21 terutama pada kurikulum 2013 mengharuskan peserta didik dalam memahami materi melalui contoh-contoh serta pengalaman yang diperoleh dari dalam maupun lingkungan luar sekolah. Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan dari beberapa kompetensi yang bertujuan untuk memperoleh serta mengembangkanpada ranah kecakapan hidup pada abad 21. Kompetensi yang dimaksud terdiri dari beberapa komponen yaitu: memperoleh karakter yang baik, memperoleh beberapa kompetensi diantaranya keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis (critical thinking and problem solving), keterampilan komunikasi (communication), serta kolaborasi (collaboration), serta literasi atau yang bisa disebut dengan 4C. Kecakapan abad 21 bertujuan untuk mengasah dan memperbaiki kemampuan serta keterampilan peserta didik, salah satunya dapat melalui penilaian atau assessment berbasis pada kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Berdasarkan uaraian di atas, untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik diperlukan pengembangan instrumen penilaian pada pembelajaran IPA di SMP.
Tujuan dilakukannya penelitian tersebut untuk mengetahui validitas yang terdiri dari validitas ahli, validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda soal, taraf kesukaran butir soal, kepraktisan, dan efektivitas dari instrumen penilaian berbasis wordwall untuk mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS). Model pengembangan yang digunakan yaitu desain pengembangan model borg n gall yang tahapannya terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba kelompok kecil revisi produk, dan uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas dengan menggunakan lembar validasi untuk mengukur kevalidan instrumen oleh 3 validator, kepraktisan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan evaluasi yang diisi oleh 2 observer, serta efektivitas yang diukur dengan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi setelah siswa mengikuti proses evaluasi.
Hasil validasi oleh ahli instrumen penilaian berbasis wordwall untuk mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) memperoleh presentase rata-rata sebesar 94,5% dengan kriteria “sangat valid” dengan sedikit revisi. Hasil validasi item soal diperoleh 20 item soal dengan kriteria valid yang artinya butir soal tersebut dikatakan baik untuk digunakan. Hasil uji reliabilitas mendapatkan kriteria reliabel dengan taraf tinggi. Hasil uji daya pembeda soal mendapat 20 butir soal yang tingkat daya pembedanya “sedang” yang artinya soal tersebut cukup baik. Hasil uji tingkat kesukaran butir soal mendapatkan 3 butir soal dengan kriteria “sangat mudah” dan “mudah”, 14 soal kriteria “sedang”, dan 3 soal kriteria “sukar”. Hasil kepraktisan instrumen penilaian berbasis wordwall untuk mengukur HOTS siswa SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan mendapatkan kategori “sangat praktis”. Hasil analisis efektivitas mendapatkan perolehan tes dengan rerata cukup dengan kriteria baik. Dengan demikian instrumen penilaian berbasis wordwall untuk mengukur HOTS siswa SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sangat valid, reliabel, daya pembeda soal cukup baik, serta layak dipakai untuk soal evaluasi pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr.Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E.
Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Instrumen Penilaian | en_US |
dc.subject | Wordwall | en_US |
dc.subject | Kemampuan HOTS | en_US |
dc.subject | Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan | en_US |
dc.title | Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Wordwall Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr.Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |