dc.contributor.author | PINASTI, Einsy Yustisia | |
dc.date.accessioned | 2023-12-17T21:57:18Z | |
dc.date.available | 2023-12-17T21:57:18Z | |
dc.date.issued | 2023-09-04 | |
dc.identifier.nim | 190210402021 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119166 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 18 Desember 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Karya sastra merupakan ungkapan perasaan dan pikiran pengarang yang
dituangkan dalam bentuk tulis maupun lisan. Ungkapan ekspresi pengarang dalam
karya sastra didasari oleh kenyataan sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Hal
itu bermaksud memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai kenyataan
sosial yang ada di masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra yang menggambarkan
kehidupan sosial di masyarakat adalah novel. Novel merupakan prosa fiksi yang
menceritakan suatu peristiwa dengan ditandai oleh perubahan nasib tokoh di
dalamnya dan memuat berbagai gambaran kenyataan sosial di masyarakat.
Gambaran kenyataan sosial di dalam novel dimaksudkan agar pembaca dapat
memahami kehidupan masyarakat dan dapat mengambil manfaat berupa nilai-nilai
moral yang terdapat dalam cerita novel tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral manusia terhadap
Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial, nilai moral manusia
terhadap diri sendiri yang terkandung dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye,
serta pemanfaatan hasil penelitian nilai moral tersebut sebagai alternatif materi
pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
metode deskriptif-interpretatif. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan
pragmatik yang menekankan pada kegunaan karya sastra sebagai sarana untuk
menyampaikan tujuan atau pesan pengarang kepada pembaca.
Hasil dan pembahasan penelitian ini berupa deskripsi nilai moral manusia
terhadap Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial, dan nilai moral
manusia terhadap diri sendiri dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye serta
pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA
kelas XII pada KD 3.8 menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam
novel yang dibaca. Nilai moral manusia terhadap Tuhan yang termuat dalam novel Si Anak Savana ditunjukkan dalam sikap tauhid kepada Tuhan. Nilai moral manusia
terhadap lingkungan sosial ditunjukkan oleh sikap mengupayakan kesejahteraan,
menghormati orang lain, tidak menyakiti orang lain, mewujudkan tujuan bersama,
serta tidak melakukan manipulasi. Nilai moral manusia terhadap diri sendiri
ditunjukkan dengan kebebasan berprinsip dan mengembangkan potensi diri.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengarang
menggunakan karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral
kepada pembaca. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya nilai-nilai moral berupa
nilai moral manusia terhadap Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan
sosial, dan nilai moral manusia terhadap diri sendiri di dalam novel Si Anak Savana.
Temuan nilai moral manusia terhadap Tuhan menunjukkan bahwa terdapat spirit
Islam di dalamnya, yang berarti novel tersebut memuat nilai dan ajaran yang
terdapat dalam kepercayaan agama Islam. Nilai moral manusia terhadap lingkungan
sosial memuat rasa kekeluargaan antarwarga yang begitu erat. Hal itu ditunjukkan
oleh sikap-sikap saling membantu tanpa pamrih, saling menghargai, dan merasa
memiliki satu sama lain dengan saling mengingatkan kepada hal-hal yang baik.
Nilai moral manusia terhadap diri sendiri dalam novel menunjukkan penerapan
prinsip-prinsip baik dalam hidup tokoh. Hal itu ditunjukkan oleh kesediaan tokoh
untuk senantiasa belajar dan berkembang menjadi lebih baik, Hasil analisis terkait
nilai moral dalam novel Si Anak Savana dapat dimanfaatkan sebagai alternatif
pembelajaran sastra di SMA kelas XII pada KD 3.8 menafsir pandangan pengarang
terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca.
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan literatur dalam menciptakan
gagasan baru yang lebih kreatif di masa yang akan datang dan penelitian selanjutnya
diharapkan dapat mengembangkan pengkajian terhadap objek penelitian ini
menggunakan teori moral lain yang sesuai untuk menambah informasi terkait kajian
nilai moral dalam karya sastra. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat
menganalisis kesesuaian alternatif modul dengan materi apresiasi novel dalam
pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
pendukung guru dalam mengembangkan pembelajaran mengenai teks novel dan
nilai moral di sekolah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.
Pembimbing Anggota Siswanto, S.Pd., M.A. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | NILAI MORAL | en_US |
dc.subject | ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRA | en_US |
dc.subject | DIMENSI MORALITAS IMMANUEL KANT | en_US |
dc.subject | NOVEL SI ANAK SAVANA | en_US |
dc.subject | TERE LIYE | en_US |
dc.title | Dimensi Moralitas Immanuel Kant dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye: Pendekatan Pragmatik untuk Pembelajaran Sastra di SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Siswanto, S.Pd., M.A. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 5 Oktober 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |