dc.contributor.author | SUDARIYATNA, Baylisa Putri | |
dc.date.accessioned | 2023-12-13T08:36:33Z | |
dc.date.available | 2023-12-13T08:36:33Z | |
dc.date.issued | 2023-06-27 | |
dc.identifier.nim | 190210205041 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119117 | |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_20
Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Desember 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Sertifikasi guru ialah proses pemberian sertifikat pendidik sebagai tanda
telah dinyatakan layak menjadi guru profesional yang memenuhi standar kualifikasi
pendidikan minimum dan kualifikasi kompetensi guru. Pelaksanaan sertifikasi
guru dilaksanakan melalui pelaksanaan uji kompetensi, ikut serta dalam pendidikan
dan pelatihan guru, pendidikan profesi guru, dan pemberian sertifikat pendidik.
Guru profesional tentunya harus memiliki kompetensi yang mampu mendorong
terwujudnya tujuan pendidikan serta mampu meningkatkan kualitas pendidikan.
Seorang guru kompeten sangat didukung oleh pengalaman kerjanya, melalui
pengalaman kerja tersebutlah seorang guru akan banyak belajar hal-hal baru dan
belajar mengatasi masalah yang ada di lapangan. Guru sebagai tenaga pendidik
profesional, harus mampu menguasai berbagai komponen kompetensi profesional
guru yang meliputi penguasaan materi, kompetensi dasar, pengembangan materi,
dan pemanfaatan teknologi. Tuntutan guru yang kompeten tidak pernah ada
habisnya, tentunya harus mengikuti era perkembangan zaman yang semakin
canggih. Guru yang kompeten ditandai dengan perolehan sertifikasi guru. Karena
sertifikasi merupakan tanda pengakuan secara formal dan diakui oleh pemerintah
telah menjadi tenaga pendidikan yang profesional.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni “Apakah ada pengaruh
sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru di TKMNU Sunan Giri
Kecamatan Balung Kabupaten Jember?”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi
profesional guru di TKMNU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan di TKMNU Sunan Giri Kecamatan Balung
Kabupaten Jember. Responden penelitian ini yakni semua guru di TKMNU Sunan
Giri Balung yang berjumlah 13 guru. Jenis penelitian yang digunakan yakni
penelitian ex-post-facto dengan menggunakan rumus uji Mann WhitNey U sebagai
alternatif uji T data non-parametrik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan rumus uji Mann
WhitNey U diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,171 dan lebih besar dari 0,05.
Dengan begitu dinyatakan hipotesis alteratife (H1) ditolak dan dapat disimpulkan
bahwa tidak ada pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru di
TKMNU Sunan Giri Balung.
Saran yang dapat diberikan yaitu kepada kepala sekolah sebaiknya lebih
memfasilitasi dan mendukung agar guru lebih meningkatkan kompetensi
profesionalnya, terlepas guru yang sudah sertifikasi maupun belum sertifikasi. Bagi
guru diharapkan mampu selalu meningkatkan kompetensi profesional yang
dimilikinya melalui berbagai sumber yang tersedia. Bagi peneliti lain yakni
memperbaiki instrumen agar penelitian selanjutkan menjadi lebih baik, serta
menggunakan responden yang lebih banyak agar hasil yang diperoleh lebih akurat. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.,
Dosen Pembimbing anggota : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Sertifikasi Guru | en_US |
dc.subject | Kompetensi Guru | en_US |
dc.subject | Kompetensi Profesional Guru | en_US |
dc.title | Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru di TKMNU Sunan Giri Balung Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_20 | en_US |