dc.contributor.author | SARI, Juniar Eka Kumala | |
dc.date.accessioned | 2023-12-13T08:35:01Z | |
dc.date.available | 2023-12-13T08:35:01Z | |
dc.date.issued | 2023-04-05 | |
dc.identifier.nim | 170210302027 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119116 | |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_20
Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Desember 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Terkait dengan pembelajaran di era revolusi industri era 4.0 pendidik dituntut
memiliki keahlian kreativitas dalam mengembangkan metode dan media
pembelajaran. Inovasi yang dikembangkan dapat memanfaatkan teknologi
bergantung dengan kreativitas yang dimiliki pendidik.
Pengembang telah melakukan analisis kebutuhan pada kelas X IPS 2 di SMA
Negeri Rambipuji Jember dan mendaptkan data sebagai berikut: (1) penggunaan
media pembelajaran sejarah yang digunakan untuk menyampaikan materi tidak
dapat meninggatkan tingkat motivasi peserta didik peserta didik, (2) peserta didik
belum mencapai standart KKM mata pelajaran sejarah tanpa remidial setiap ujian
berlangsung, (3) pendidik kurang memanfaatkan berbagai macam media
pembelajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah pada penelitian
pengembangan ini adalah: (1) Bagaimana pengamatan yang dilakukan validasi ahli
terkait pengembangan media pembelajaran video sparkol Videoscribe dalam
pembelajaran sejarah? (2) Bagaimana efektivitas media video sparkol videoscribe
dalam meningkatkan motivasi peserta didik kelas X SMA pada mata pelajaran
sejarah setelah pengaplikasian media pembelajaran Sparkol Videscribe dengan
model ASSURE?. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta (2) Menghasilkan
media pembelajaran sprarkol videoscribe yang sudah teruji oleh para ahli (3)
Menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe yang bermanfaat sebagai
media pembelajaran bagi peserta didik maupun tenaga pendidik.
Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE, model ASSURE
terdiri dari enam tahap pengembangan, diantaranya; 1) Analyze Learners
Characteristic, 2) State Objective, 3) Select methods, media, and materials, 4)
Untilize media and materials, 5) Requires learner participation, 6) Evaluate and
revise. Proses penelitian akan mengikuti Langkah-langkah pada model
pengembangan ASSURE. Instrument yang digunakan untuk pengambilan data
berupa angket dan wawancara yang dilakukan sebagai metode pengambilan data
dalam penelitian ini.
Hasil penilaian rata-rata validasi ahli bahasa, materi dan media sebagai
berikut: (1) nilai rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori kelayakan produk
outstanding, (2) nilai rata-rata sebesar 4,5 dideskripsikan sebagai above average,
(3) nilai-rata-rata 4,7 dengan kategori kelayakan produk outstanding. Hasil uji
pengguna yang dilakukan pendidik menghasilkan nilai rata-rata sebesar 4,4 dengan
kategori kelayakan produk above average. Hasil uji coba pengguna kelompok kecil
menunjukkan tingkat efektivitas penerapan media pembelajaran sparkol
videoscribe sebesar 95% dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan
tergolong dalam kategori “Large Effect”. Sedangkan uji coba pengguna pada
kelompok besar menunjukkan nilai efektivitas sebesar 94% dan tergolong dalam
kateogori “Large Effect”.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1)
Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu separkol videoscribe telah
tervalidasi oleh ahli dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran sejarah dengan materi kerajaan islam di Pulau Sumatera untuk kelas X
SMA, (2) Sparkol videoscribe terbukti dapat meningkatkan motivasi peserta didik
dalam pembelajaran sejarah dalam materi kerajaan islam di pulau Sumatera
termasuk bagian dalam kompetensi dasar mata pelajaran sejarah Indonesia. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Mohamad Na’im, M.Pd
Dosen Pembimbing Anggota : Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Sparkol Videoscribe | en_US |
dc.subject | Model ASSURE | en_US |
dc.subject | Motivasi Siswa | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Sparkol Videoscribe dengan Model ASSURE untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Mohammad Na'im, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_20 | en_US |