• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SEJARAH PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG KRAKSAAN PROBOLINGGO TAHUN 1839-2007

    Thumbnail
    View/Open
    Muh Faisol_001.pdf (275.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Muhammad Faisol
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah ada di Jawa sejak masa awal penyiaran Islam, terutama pada abad ke-IX atau ke-10. Seiring dengan perkembangan jaman, pondok pesantren telah menginovasi diri sehingga terjadi pembaharuan-pembaharuan di dalamnya, baik ditinjau dari segi isi (materi) yang diajarkan maupun metode serta manajemennya, sehingga pada saat ini pondok pesantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama semata melainkan telah diadakan perkembangan-perkembangan ke berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Perkembangan pendidikan pondok pesantren adalah suatu proses perubahan kearah kemajuan dalam usaha untuk mendewasakan manusia melalui upaya penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren. Hasil penelitian ini menunjukkan Pondok Pesantren Zainul Hasan dirintis dan didirikan sejak tahun 1839 yang dipelopori oleh KH. Zainul Abidin. Dari tahun 1839-1933 pola pendidikannya masih sangat sederhana. Namun sejak berdirinya Madrasah Ibtida’iyah Kholafiyah Syafi’iyah Nuroniyah pada tahun 1933, pondok pesantren ini sudah menggunakan sistem klasikal. Perkembangan pendidikan pondok pesantren Zainul Hasan dapat diklasifikasikan dalam empat masa dari tahun 1839 sampai dengan tahun 2007 yakni, (1) Masa Kepemimpinan KH. Zainul Abidin (1839-1865), (2) Masa Kepemimpinan KH. Moh. Hasan (1865-1952), (3) Masa Kepemimpinan KH. Hasan Saifourridzall (1952-1991), (4) Masa Kepemimpinan KH. Hasan Mutawakkil Alallah (1991-2007). Sedangkan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di pondok pesantren Zainul Hasan adalah sebagai berikut ; Pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi (PT), dalam pendidikan non formal mengembangkan kursus-kursus dan keterampilan yang berhubungan dengan minat dan bakat santri sehingga dapat dituangkan dalam bentuk keterampilan yang telah ada di lingkungan pondok pesantren Zainul Hasan. Berdirinya pondok pesantren Zainul Hasan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap lingkungan masyarakat dalam bidang sosial budaya. Pondok pesantren Zainul Hasan menjadi salah satu lembaga kontrol dalam mengiringi arus perubahan- perubahan yang terjadi di masyarakat. Pondok pesantren Zainul Hasan memberikan kontribusi ikut mencerdaskan bangsa dalam bentuk mendirikan lembaga-lembaga pendidikan seperti lembaga pendidikan formal dan non formal. Pondok pesabtren Zainul Hasan juga memberikan kontribusi khususya para alumni yang sebagian mengisi jabatan pemerintah daerah. Hal ini merupakan bukti keberhasilan perkembangan pendidikan pondok pesantren Zainul Hasan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11891
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository