dc.contributor.author | MUSYARROFAH, Siti | |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T07:21:29Z | |
dc.date.available | 2023-12-04T07:21:29Z | |
dc.date.issued | 1995-12-17 | |
dc.identifier.nim | 190820101012 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118907 | |
dc.description | validasi_repo_firli_november_2023_02; Finalisasi oleh Taufik, Tgl. 4 Desember 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Perhutani siap mengembangkan destinasi wisata hutan. Selain kegiatan
usaha utama, perusahaan dapat menyelenggarakan usaha lain dibidang usaha
optimalilsasi potensi sumber daya yang dimiliki untuk pariwisata dan sumber
daya alam lainnya. Berkembangnya fenomena minat wisata membuat Perhutani
mulai menempatkan sektor wisata sebagai salah satu sumber penghasil sekaligus
edukasi untuk mengembangkan potensi Perhutani memiliki banyak kawasan yang
berpotensi dikelola menjadi sektor pariwisata yang menjanjikan dan terus
melakukan peningkatan manajemen.
Wisata Batu Jubang (WBJ) merupakan salah satu objek wisata yang
dimiliki Perhutani yang belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara
terintegrasi sehingga tidak memiliki pedoman untuk memotret kinerja secara
keseluruhan. Diketahui bahwa selama ini sudah menilai kinerja kepada
karyawannya, namun belum memiliki pedoman kriteria penilaian kinerja yang
sistematis.
Metode pengukuran kinerja Performance Prism akan digunakan untuk
menganalisa pengukuran kinerja di WBJ. Populasi penelitian adalah seluruh
stakeholder di WBJ dengan jenis data kuantitatif. Metode analisis data yang
digunakan adalah pembobotan Key Performance Indicator (KPI) menggunakan
metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), scoring system dengan model
Objective Matrix (OMAX), serta memahami kinerja dengan Traffic Light System.
Dilakukan juga rekomendasi usulan perbaikan kinerja kepada KPI yang masuk
kedalam kategori “merah” sehingga dapat segera dilakukan perbaikan.
Analisis pengukuran kinerja menghasilkan 41 KPI meliputi 9 KPI pada
stakeholder investor dan kantor pusat, 8 KPI pada stakeholder customer, 8 KPI
pada stakeholder employee, 9 KPI pada stakeholder supplier, dan 7 KPI pada
stakeholder community. Dari analisis pengukuran kinerja dengan menggunakan
OMAX dihasilkan nilai kinerja WBJ sebesar 8,29 yang berada pada kategori
“hujau”. Secara keseluruhan kinerja perusahaan sudah memenuhi target sehingga
diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya.
Rekomendasi usulan perbaikan kinerja yang dapat diterapkan di Wisata
Batu Jubang agar kinerja perusahaan membaik ialah berdasarkan indikatorindikator kinerja yang berada dalam kategori merah, yakni untuk KPI E5
mengenai informasi kinerja karyawan yang jelas. Perusahaan sebaiknya
menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu pedoman dalam mengukur
kinerja dan dilakukan secara berkala, sehingga infomasi kinerja karwayan dapat
diketahui dengan jelas. Dan untuk KPI O7 mengenai ide atau saran dari
masyarakat sekitar kawasan hutan. Perusahaan sebaiknya memperbaiki
komunikasi antar stakeholder terlebih dahulu, khususnya pada stakeholder
community yang kesulitan mengetahui jobdesk, sehingga selanjutnya aspirasi dari
masyarakat dapat diterima dengan efektif demi kepentingan bersama antara
Wisata Batu Jubang, stakeholders, dan warga yang berada pada sekitar
lingkungan wisata. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Diana Sulianti K. Tobing, SE., M.Si. ; Dr. Elok Sri Utami, M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | PENGUKURAN KINERJA | en_US |
dc.subject | METODE PERFORMANCE PRISM | en_US |
dc.subject | ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS | en_US |
dc.subject | SCORING OBJECTIVE MATRIX | en_US |
dc.title | Analisis Pengukuran Kinerja pada Wana Wisata Baru-Wisata Batu Jubang, KRPH Mumbulsari, KPH Jember Menggunakan Metode Performance Prism dan Scoring Objective Matrix | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Manajemen | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Diana Sulianti K. Tobing, SE., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Elok Sri Utami, M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_november_2023_02 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |