Show simple item record

dc.contributor.authorHAIKAL, Mochamad Fiqri
dc.date.accessioned2023-11-28T05:16:00Z
dc.date.available2023-11-28T05:16:00Z
dc.date.issued2023-11-17
dc.identifier.nim180210101109en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118848
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis Android menggunakan software Unity yang menarik dan interaktif, untuk menghindari rasa bosan siswa selama pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Observasi di SMP Muhammadiyah 1 Jember menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, menyebabkan hasil ulangan harian menurun terutama pada materi pola bilangan. Dengan mengembangkan game edukasi yang menarik, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada topik pola bilangan. Pengembangan game edukasi mengikuti model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Game edukasi yang dikembangkan harus memenuhi syarat kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari 3 validator adalah 3,69 dan termasuk ke dalam kategori valid. Tingkat kepraktisan video pembelajaran adalah 96% berdasarkan respon angket pengguna dengan kategori sangat baik dan keefektifan ditentukan berdasarkan presentase skor N-Gain dengan skor rata-rata pre-test 52, post-test 96 dan skor N-Gain sebesar 92% pada indikator C1. Indikator C2 memperoleh skor pre-test 25, post-test 88 dan skor N-Gain 83%. Indikator C3 dengan rata-rata pre-test 42 dan post-test 90 dengan skor N-Gain 83%. Indikator C4 dengan rata-rata pre-test 33 dan post-test 80 dengan skor N-Gain 78%. Semua indikator telah memenuhi kriteria efektif dengan skor N-Gain > 79%.en_US
dc.description.sponsorshipArif Fatahillah S.Pd., M.Si dan Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOGNITIF SISWAen_US
dc.subjectGAME EDUKASIen_US
dc.titlePengembangan Game Edukasi "Snake Solo Math" Berbasis Android Berbantuan Software Unity Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Topik Pola Bilanganen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif Fatahillah S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record