• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BILINGUAL DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR (BASIC SKILLS) PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Lutfi Sari_1.pdf (389.5Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Yunita Lutfi Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan IPTEK yang semakin pesat membawa dampak pada pengembangan pembelajaran di bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika yang relatif kurang disukai siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKS bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengembangan LKS dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu : Pendefinisian (define), Perancangan (design), dan Pengembangan (development) dan Penyebaran (disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Jember kelas VII H dan siswa SMP Negeri 1 Bondowoso kelas VII F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar (basic skliis) siswa kelas VII yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan . Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan 0,94 atau yang berarti pada kualifikasi sangat tinggi. Persentase angket respon siswa mencapai 75,46% dan 79,22% sedangkan respon guru mencapai 87,5% dan 86,11%. Berdasarkan analisis data maka persentase tersebut mempunyai kualifikasi tinggi. Persentase respon siswa dan guru tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan LKS tersebut, dan didapatkan tingkat kepraktisan LKS adalah 78,03%. Karena tingkat kevalidan dan ix kepraktisan mempunyai perbedaan kualifikasi yaitu sangat tinggi dan tinggi maka yang digunakan adalah nilai yang terendah atau kualifikasi tinggi. Dengan demikian LKS bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar (basic skills) memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan dengan kualifikasi tinggi serta siap digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran matematika bilingual sebagai alternatif pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11884
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository