ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMASARAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel variabel keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga, bukti fisik, promosi dan ketersediaan fasilitas terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember. Dan untuk mengetahui variabel mana yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember. Penelitian ini bertempat di Toko Buku Gramedia Jember.
Penelitian ini menggunakan metode survey, dimana data diperoleh dengan jalan mengadakan wawancara langsung dan pengisian daftar pertanyaan atau kuisioner oleh konsumen sebagai responden, sedangkan metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive accidental sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada dengan menggunakan analisis faktor, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji-t dan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari variabel keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga, bukti fisik, promosi dan ketersediaan fasilitas, hanya dua variabel yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember, antara lain Variabel Kenyamanan (X4) sebesar 3,969 dan Variabel Harga (X5) sebesar 2,590.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidak semua dari variabel keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga, bukti fisik, promosi dan ketersediaan fasilitas yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember. Dan variabel kenyamanan (X4) serta variabel harga (X5) merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember.