dc.contributor.author | VIRANTI, Septinda Wahyu | |
dc.date.accessioned | 2023-11-07T02:06:29Z | |
dc.date.available | 2023-11-07T02:06:29Z | |
dc.date.issued | 2023-10-11 | |
dc.identifier.nim | 190210204146 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118627 | |
dc.description.abstract | Dalam era abad ke-21, siswa diharuskan memiiki keahlian dalam berpikir kreatif agar dapat
mengatasi berbagai tantangan yang ditemui. Oleh sebab itu, peningkatan kemampuan berpikir kreatif
harus menjadi bagian penting dari proses pembelajaran, sihingga sisawa dapat menghasilkan,
mengembangkan, atau menciptakan ide-ide dan karya inovatif.. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatakan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Metode yang digunakan adalah wawancara, validasi, tes hasil belajar dan tes unjuk kerja.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa
penerapan model pembeajaran PjBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan kreativitas siswa
dapat ditunjukkan melalui adanya peningkatan rata-rata pada siklus 1 sebesar 61,8% Kemudian
terdapat peningkatan pada siklus II sebesar 23,2% menjadi 85% yang termasuk pada kategori sangat
kreatif. Kemudian, Penerapan model pembeajaran PjBL (Project Based Learning) pada Tema 8, juga
dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada tahap prasiklus rata-rata siswa sebesar 57,3. Selanjutnya
dilaksanakan tindakan pada siklus 1 meningkat sebanyak 5,8 menjadi 62,7. Selanjutnya dilaksanakan
tindakan pada siklus II dan mendapakan peningkatan sebesar 12 menjadi 75,1 yang sudah termasuk
pada kategori baik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Agustiningsih,S.Pd., M.Pd
Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kreativitas | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Project Based Learning | en_US |
dc.title | Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 2 Melalui Penerapan Model PJBL (Project Based Learning) Siswa Kelas V SDN Tembokrejo 03 Gumukmas Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |