dc.contributor.author | SARI, Putpita | |
dc.date.accessioned | 2023-11-03T09:12:03Z | |
dc.date.available | 2023-11-03T09:12:03Z | |
dc.date.issued | 2023-06-12 | |
dc.identifier.nim | 190210102108 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118595 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 November 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Adanya pergeseran paradigma belajar abad 21 menyebabkan dunia
pendidikan menempati masa knowledge age yang didukung oleh penggunaan media
dan teknologi digital. Hal tersebut menuntut peserta didik mempunyai kecakapan
hidup abad 21 yakni 4C meliputi Creativity (kreativitas), Critical Thinking (berpikir
kritis), Communication (Komunikasi), Collaboration (kolaborasi). Tingkat
keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia dalam pembelajaran masih tergolong
rendah, termasuk dalam pembelajaran fisika. Hal tersebut dikarenakan siswa
cenderung menghafal materi dan rumus fisika daripada memahami konsep sehingga
menyebabkan keterampilan berpikir kritis kurang terasah.
Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran
fisika dapat melalui beberapa cara seperti, menggunakan model pembelajaran
tertentu, mengimplementasikan LKPD, e-module maupun media interaktif seperti
PhET, Virtual Lab, Adobe Flash, maupun Microsoft excel sebagai pendamping
dalam proses belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan saat
pembelajaran jarak jauh maupun kelas tatap muka dalam pembelajaran fisika tanpa
koneksi internet yakni simulasi komputer yang interaktif seperti VBA.
Pengimplementasian media pembelajaran berbasis visual basic for application
(VBA) excel pada materi optik geometri menjadi salah satu upaya peningkatan
kemampuan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dan Mengetahui adanya pengaruh
signifikan pada implementasi media pembelajaran berbasis VBA excel pada materi
optika geometri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain
penelitian the non-equivalent control design yang dilakukan di SMA Darusholah Singojuruh dengan subjek penelitian kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 pada semester
genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dan analisis data untuk
mengetahui pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dikaji
melalui pretest-posttest sedangkan untuk menambah data sekunder dilakukan
wawancara terstruktur kepada guru dan dokumentasi berupa foto.
Hasil penelitian secara keseluruhan media pembelajaran berbasis VBA excel
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
optika geometri. Dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t (Independent
Sample T-test) diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga sesuai
dengan hipotesis penelitian 𝐻0 ditolak. sebelum diimplementasikan media
pembelajaran berbasis VBA excel nilai rata-rata yang dicapai sebesar 28,6% dengan
indikator analisis memperoleh nilai paling rendah sedangkan setelah
diimplementasikan rata-rata yang dicapai 69,9% dengan indikator eksplikasi
menjadi indikator yang memperoleh nilai paling tinggi. Sedangkan untuk indikator
interpretasi, evaluasi, dan inferensi juga mengalami peningkatan dalam kategori
cukup namun nilai yang didapat masih belum melampaui KKM, hal ini tidak luput
dari beberapa kendala dan tantangan yang dialami saat penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan menguraikan alasan tentang kesimpulan yang
diambil secara logis lebih tinggi daripada mengembangkan penalaran induktif dan
deduktif pada soal dan indikator lainnya. indikator interpretasi menjadi indikator
yang memperoleh nilai paling rendah daripada indikator lainnya, artinya
kemampuan siswa menuliskan permasalahan dengan lengkap, baik berupa anotasi
matematis, simbol, dan konversi satuan dengan benar masih tergolong rendah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi media
pembelajaran berbasis VBA excel berpengaruh signifikan terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa SMA pada materi optika geometri. Secara keseluruhan
peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori cukup.
Indikator eksplikasi memiliki peningkatan yang paling tinggi. Sementara indikator
interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi berada pada kategori cukup. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si
Pembimbing Anggota Drs. Bambang Supriadi, M.Sc | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Materi Optika Geometri | en_US |
dc.subject | Visual Basic For Application (VBA) Excel | en_US |
dc.title | Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic For Application (VBA) Excel Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Optika Geometri | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Bambang Supriadi, M.Sc | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 16 Agustus 2023 | en_US |