dc.contributor.author | MARIA, Ghiza | |
dc.date.accessioned | 2023-11-03T08:58:53Z | |
dc.date.available | 2023-11-03T08:58:53Z | |
dc.date.issued | 2023-06-22 | |
dc.identifier.nim | 200803103020 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118588 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 November 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata di Dinas Sosial Pemberdayaan
Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nganjuk yang telah dilaksanakan
pada tanggal 13 Februari sampai 18 April 2023, maka dapat diambil kesimpulan
berdasarkan judul laporan PKN sebagai berikut:
a. Proses pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan pada
Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk dimulai dari tahap pengelolaan
pengaduan masyarakat sampai ke tahap terbitnya surat rekomendasi keringanan
biaya pengobatan dalam satu tempat. Program ini bertujuan untuk memberikan
keringanan biaya pelayanan kesehatan sebesar 50% dari keseluruhan biaya
perawatan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Nganjuk yang tidak
mempunyai kartu jaminan kesehatan serta sedang rawat inap di RSUD Nganjuk
dan RSUD Kertosono. Dalam pengajuan keringanan biaya pengobatan, pasien
harus memenuhi salah satu kriteria penerima keringanan dan melengkapi
persyaratan administrasi yang selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial PPPA
Kabupaten Nganjuk selaku tim verifikasi data pengajuan, dimana rentang waktu
penyerahan berkas yaitu 5x24 jam hari kerja sejak pasien masuk ke rumah sakit.
Setelah lolos verifikasi, tim verifikator akan menerbitkan surat rekomendasi
keringanan dan melampirkan data pendukung lainnya untuk diberikan kepada
pasien atau keluarga pasien agar segera diserahkan kepada pihak rumah sakit
untuk mendapatkan persetujuan keringanan biaya pengobatan yang
pendanaannya bersumber dari APBD Kabupaten Nganjuk.
b. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Nyata, praktikan membantu pelaksanaan
kegiatan pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dari
awal hingga akhir yang dimulai dari tahap pengelolaan pengaduan masyarakat,
membantu verifikasi data pengajuan sampai ke tahap penerbitan surat
keterangan keringanan biaya pengobatan. Selain itu, praktikan juga mengolah
data pengajuan keringanan biaya pengobatan yang sudah terverifikasi untuk
keperluan pembuatan database menggunakan program microsoft excel yang isinya mencakup data pasien dalam rentang waktu Agustus 2022 sampai Maret
2023. Selanjutnya praktikan menyajikan data tersebut ke dalam pivot table dan
memvisualisasikan dalam bentuk histogram, diagram batang, dan diagram
lingkaran untuk keperluan analisis data agar dapat mengetahui perkembangan
pelayanan keringanan biaya pengobatan secara bertahap di setiap bulannya.
c. Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan
pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dan tentunya
praktikan telah merumuskan alternatif solusi pada permasalahan yang ada.
Diantaranya yaitu perlu adanya penambahan komputer dan printer untuk
meningkatkan pelayanan dengan responds cepat kepada masyarakat sehingga
jangka waktu penyelesaian pelayanan juga lebih cepat terselesaikan. Serta perlu
adanya ketegasan kepada LSM agar tidak terus-menerus memanfaatkan program
pelayanan keringanan biaya pengobatan. Terakhir bagi staf juga harus lebih
selektif dan tegas kepada pemohon agar tertib administrasi sesuai persyaratan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Hadi Paramu, S.E., MBA., Ph.D.
Dosen Pembimbing anggota : Khanifatul Khusna, S.Sos., M.PSDM | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | ADMINISTRASI PELAYANAN | en_US |
dc.subject | KERINGANAN BIAYA PENGOBATAN | en_US |
dc.subject | DINAS SOSIAL | en_US |
dc.title | Pengelolaan Administrasi Pelayanan Keringanan Biaya Pengobatan pada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk | en_US |
dc.type | Laporan D3 | en_US |
dc.identifier.prodi | D3 Kesekretariatan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Hadi Paramu, S.E., MBA., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Khanifatul Khusna, S.Sos., M.PSDM. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2023_17 | en_US |