Show simple item record

dc.contributor.authorMARIA, Ghiza
dc.date.accessioned2023-11-03T08:58:53Z
dc.date.available2023-11-03T08:58:53Z
dc.date.issued2023-06-22
dc.identifier.nim200803103020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118588
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 3 November 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nganjuk yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Februari sampai 18 April 2023, maka dapat diambil kesimpulan berdasarkan judul laporan PKN sebagai berikut: a. Proses pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan pada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk dimulai dari tahap pengelolaan pengaduan masyarakat sampai ke tahap terbitnya surat rekomendasi keringanan biaya pengobatan dalam satu tempat. Program ini bertujuan untuk memberikan keringanan biaya pelayanan kesehatan sebesar 50% dari keseluruhan biaya perawatan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Nganjuk yang tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan serta sedang rawat inap di RSUD Nganjuk dan RSUD Kertosono. Dalam pengajuan keringanan biaya pengobatan, pasien harus memenuhi salah satu kriteria penerima keringanan dan melengkapi persyaratan administrasi yang selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk selaku tim verifikasi data pengajuan, dimana rentang waktu penyerahan berkas yaitu 5x24 jam hari kerja sejak pasien masuk ke rumah sakit. Setelah lolos verifikasi, tim verifikator akan menerbitkan surat rekomendasi keringanan dan melampirkan data pendukung lainnya untuk diberikan kepada pasien atau keluarga pasien agar segera diserahkan kepada pihak rumah sakit untuk mendapatkan persetujuan keringanan biaya pengobatan yang pendanaannya bersumber dari APBD Kabupaten Nganjuk. b. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Nyata, praktikan membantu pelaksanaan kegiatan pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dari awal hingga akhir yang dimulai dari tahap pengelolaan pengaduan masyarakat, membantu verifikasi data pengajuan sampai ke tahap penerbitan surat keterangan keringanan biaya pengobatan. Selain itu, praktikan juga mengolah data pengajuan keringanan biaya pengobatan yang sudah terverifikasi untuk keperluan pembuatan database menggunakan program microsoft excel yang isinya mencakup data pasien dalam rentang waktu Agustus 2022 sampai Maret 2023. Selanjutnya praktikan menyajikan data tersebut ke dalam pivot table dan memvisualisasikan dalam bentuk histogram, diagram batang, dan diagram lingkaran untuk keperluan analisis data agar dapat mengetahui perkembangan pelayanan keringanan biaya pengobatan secara bertahap di setiap bulannya. c. Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dan tentunya praktikan telah merumuskan alternatif solusi pada permasalahan yang ada. Diantaranya yaitu perlu adanya penambahan komputer dan printer untuk meningkatkan pelayanan dengan responds cepat kepada masyarakat sehingga jangka waktu penyelesaian pelayanan juga lebih cepat terselesaikan. Serta perlu adanya ketegasan kepada LSM agar tidak terus-menerus memanfaatkan program pelayanan keringanan biaya pengobatan. Terakhir bagi staf juga harus lebih selektif dan tegas kepada pemohon agar tertib administrasi sesuai persyaratan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Hadi Paramu, S.E., MBA., Ph.D. Dosen Pembimbing anggota : Khanifatul Khusna, S.Sos., M.PSDMen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectADMINISTRASI PELAYANANen_US
dc.subjectKERINGANAN BIAYA PENGOBATANen_US
dc.subjectDINAS SOSIALen_US
dc.titlePengelolaan Administrasi Pelayanan Keringanan Biaya Pengobatan pada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuken_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiD3 Kesekretariatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Hadi Paramu, S.E., MBA., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Khanifatul Khusna, S.Sos., M.PSDM.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_17en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record