dc.contributor.author | PRATAMA, Nita Laura | |
dc.date.accessioned | 2023-10-25T08:06:11Z | |
dc.date.available | 2023-10-25T08:06:11Z | |
dc.date.issued | 2023-05-11 | |
dc.identifier.nim | 190210303012 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118479 | |
dc.description | validasi_repo_firli_agustus_2023_16
Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Oktober 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran abad 21 menjadi transisi pembelajaran yang melibatkan
perkembangan kurikulum untuk menuntun sekolah yang awalnya teacher
centered menjadi student centered. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru
mata pelajaran geografi dan observasi secara langsung di sekolah diperoleh
informasi bahwa model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran geografi
masih belum maksimal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif dan
hasil belajar siswa, dibuktikan dalam menjawab pertanyaan masih berpatokan
pada buku pegangan siswa sehingga kurang adanya variasi isi jawaban dan kurang
tertarik terhadap kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas. Menghadapi
permasalahan tersebut salah satu model pembelajaran yang menjadi solusi yang
cocok dalam mendorong kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yakni
model pembelajaran treffinger. Model pembelajaran treffinger dapat mengarahkan
dan mendorong siswa untuk berpikir kreatif sehingga dapat menemukan cara baru,
hubungan baru dan metode baru dalam menyelesaikan permasalahan. Keterkaitan
pembelajaran geografi dengan menerapkan model pembelajaran treffinger mampu
mengajak siswa berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan terkait
fenomena geosfer dan memberikan solusi yang bervariasi sehingga mampu
mendorong kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran
treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi
eksperimen atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah posttest-only control group design. Penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Populasi penelitian ini
yaitu siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2023/2024
Semester Genap. Pemilihan sampel dilakukan dengan melakukan uji homogenitas
dari nilai ulangan harian dari materi sebelumnya. Pengujian data yang
dilaksanakan mendapatkan hasil homogen sehingga pemilihan sampel dilakukan
dengan purposive sampling. Peneliti memilih dua kelas penelitian yaitu kelas XI
IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen.
Perlakuan pada kelas kontrol memakai pembelajaran konvensional yang biasa
dipakai oleh guru sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan
model pembelajaran treffinger.
Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar
mata pelajaran Geografi di SMA. Rata-rata persentase kemampuan berpikir
kreatif pada kelas eksperimen (64,38%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
(46,57%) dengan indikator yang menonjol yaitu elaborasi dan originalitas.
Klasifikasi kemampuan berpikir kreatif didominasi oleh siswa sangat kreatif,
kreatif hingga cukup kreatif. Selanjutnya, rata-rata prosesntase hasil belajar pada
kelas eksperimen juga menunjukkan hasil belajar pada kelas eksperimen (60,62%)
lebih tinggi dibandingkan kemampuan hasil belajar kelas kontrol (46,67%)
dengan indikator yang menonjol yaitu C2 dan C4. Hasil tersebut diperoleh
berdasarkan uji independent sample T-test dari hasil posttest kemampuan berpikir
kreatif yaitu senilai 0,001, sedangkan data hasil posttest hasil belajar siswa yaitu
0,010. Nilai posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar menunjukkan
angka <0,05 yang artinya hipotesis nihil ditolak (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil
belajar siswa SMA/MA. Pengaruh yang signifikan tersebut dapat dilihat
berdasarkan penggunaan model pembelajaran treffinger pada kelas eksperimen
memperoleh hasil posttest yang lebih tinggi, sedangkan pada kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran konvensional. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Sri Kantun, M. Ed
Dosen Pembimbing anggota : Fahmi Arif Kurnianto, S. Pd., M. Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER | en_US |
dc.subject | BERPIKIR KREATIF | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN GEOGRAFI | en_US |
dc.subject | METODE PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar SIswa SMA/MA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Kantun, M. Ed | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fahmi Arif Kurnianto, S. Pd., M. Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_agustus_2023_16 | en_US |