dc.description.abstract | Dalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran
fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat memproses informasi serta
dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan permasalahan fisika yang
relevan dengan kehidupan sehari-hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar
fisika. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif
tipe STAD disertai media audio visual. Penguasaan konten fisika secara benar
dapat dilakukan melalui penguasaan fisika secara multirepresentasi yaitu secara
representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD disertai Media Audio Visual dalam
Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap
kemampuan representasi verbal fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember. (2) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai
media audio visual terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa
kelas X SMA Negeri 4 Jember (3) Untuk mengkaji pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap
kemampuan representasi grafik fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember (4) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai
media audio visual terhadap kemampuan representasi ganbar fisika siswa kelas X
SMA Negeri 4 Jember.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember, yang menjadi populasi
dari penelitian adalah siswa kelas X. Sampel ditentukan menggunakan metode
kelas purposive sampling area melalui teknik pengundian kelas eksperimen.
Desain penelitian ini menggunakan desain random pre-test - post-test. Teknik
pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah beda t-test untuk menjawab semua rumusan
masalahnya.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD disertai media audi visual terhadap kemampuan
representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil
uji t yang menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu
< 0,05 dan itu artinya adalah ada perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
disertai media audio visual dengan kelas kontrol yang menggunakan model
pembelajaran konvensional dalam p[embelajaran fisiska berbasis
multirepresentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap
kemampuan representasi verbal fisika siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio
visual terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa kelas X di SMA
Negeri 4 Jember. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
disertai media audio visual terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa
kelas X di SMA Negeri 4 Jember. (4) Ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap kemampuan
representasi gambar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember. | en_US |