• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER BERDASARKAN WHOLE BRAIN TEACHING POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Dina Tri Septiningtiyas_1.pdf (1.745Mb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dina Tri Septiningtiyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil uji efektifitas, perangkat pembelajaran matematika berkakter berdasarkan whole brain teaching telah memenuhi kriteria keefektifan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai keempat berturut-turut adalah 91,67%; 85,67%; 96,11%; 95,56%. Hal ini menunjukkan siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran matematika berdasarkan whole brain teaching. Dari hasil pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa diperoleh persentase pada pertemuan pertama sebesar 89,68%, pertemuan kedua sebesar 99,21%, pertemuan ketiga sebesar 98,68%, pertemuan keempat sebesar 98,67%. Dengan demikian persentase perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa pada pertemuan pertama termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua, ketiga, dan keempat termasuk dalam kategori sangat baik. Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 97,22% (35 siswa dari 36 siswa) siswa mencapai skor lebih dari 60 dengan kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi, hal ini menunjukkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan menggunakan metode whole brain teaching. Dan dari analisis angket respon siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 95,14% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan pembelajaran matematika berkarakter berdasarkan whole brain teaching (WBT). Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berkarakter berdasarkan whole brain teaching pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas IX yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika berkarakter berdasarkan whole brain teaching yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository