PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER BERDASARKAN WHOLE BRAIN TEACHING POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP
Abstract
Dari hasil uji efektifitas, perangkat pembelajaran matematika berkakter
berdasarkan whole brain teaching telah memenuhi kriteria keefektifan. Persentase
aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai keempat berturut-turut adalah
91,67%; 85,67%; 96,11%; 95,56%. Hal ini menunjukkan siswa aktif mengikuti
kegiatan pembelajaran matematika berdasarkan whole brain teaching. Dari hasil
pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa diperoleh persentase
pada pertemuan pertama sebesar 89,68%, pertemuan kedua sebesar 99,21%,
pertemuan ketiga sebesar 98,68%, pertemuan keempat sebesar 98,67%. Dengan
demikian persentase perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa pada
pertemuan pertama termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua,
ketiga, dan keempat termasuk dalam kategori sangat baik.
Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 97,22% (35 siswa dari 36
siswa) siswa mencapai skor lebih dari 60 dengan kategori sedang, tinggi, dan sangat
tinggi, hal ini menunjukkan siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru
dengan menggunakan metode whole brain teaching. Dan dari analisis angket respon
siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 95,14% siswa memberikan
respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon
siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan pembelajaran matematika
berkarakter berdasarkan whole brain teaching (WBT). Siswa merasa senang dan
berharap bisa diterapkan pada kegiatan berikutnya.
Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah
terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berkarakter berdasarkan
whole brain teaching pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa sekolah
menengah pertama (SMP) kelas IX yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat
SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika berkarakter
berdasarkan whole brain teaching yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar.