Show simple item record

dc.contributor.authorTyas, Dyte Meining
dc.date.accessioned2023-10-17T05:56:27Z
dc.date.available2023-10-17T05:56:27Z
dc.date.issued2023-05-26
dc.identifier.nim190210204119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118333
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting dalam proses pembelajaran bagi peserta didik. Hasil wawancara dengan wali kelas IV SDN Serut 01 Jember, bahwasannya dalam proses pembelajaran selama Kurikulum Merdeka kurangnya pengembangan perangkat ajar untuk peserta didik. Peserta didik menggunakan LKS dari sekolah. Guru menggunakan LKS yang kurang bervariasi dan juga tidak berbasis Kearifan Lokal Jember. Pembelajaran hanya menggunakan sumber belajar LKS dari sekolah. Produk LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember merupakan bahan ajar yang berisi pemecahan masalah melalui kegiatan mandiri, diskusi kelompok, dan kegiatan menjawab permasalah sehari-hari. Dampak dari LKPD berbasis kearifan lokal Jember yaitu peserta didik mengetahui dan belajar tatanan hidup, budaya, dan adat istiadat lokal yang ada di Jember. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kevalidan dan keefetifan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul untuk peserta didik kelas IV SDN Serut 01 Jember. Tujuan penelitian dari rumusan masalah tersebut adalah mengetahui kevalidan dan keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul pada peserta didik kelas IV SDN Serut 01 Jember. Bab ini berisi Capaian Pembelajaran antara lain (1) memahami intruksi dan ide pokok dalam teks ; (2) menemukan dan mengidentifikasi informasi pada beberapa kalimat yang berhubungan; (3) mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi; serta (4) menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks terkait penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian. Materi yang dikembangkan LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember pada bab 7 sesuai dengan analisis buku guru dan buku siswa yaitu teks narasi konjungsi antar kalimat dan ide pokok. Kearifan Lokal Jember pada penelitian ini yaitu bentuk nyata diantaranya Batik Jember dan Prol Tape. Bentuk tidak nyata yaitu Tari Lahbako. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan reseach and Development (R&D) model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN Serut 01 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket respons siswa, lembar validasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 Asal-Usul berupa produk cetak yang digunakan dalam bentuk offline maupun online (Google Drive). Pengembangan produk LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 telah dilakukan validasi oleh 3 validator yaitu ahli bahasa, ahli media, dan ahli praktisi dengan checklist pada instrumen lembar validasi. Validasi tersebut menunjukkan hasil akhir sebesar 85, 67 yang didapatkan dari instrumen lembar validasi. Hasil validasi dalam kategori sangat layak karena berada dalam rentangan nilai 81,00-100. Produk tersebut sudah dapat digunakan tanpa revisi. Instrumen tes hasil belajar juga dilakukan validasi kepada 2 ahli validator yaitu ahli bahasa dan ahli praktisi. Validasi mendapatkan dengan nilai 77, 78 yang termasuk dalam kategori layak karena berada dalam kriteria skor 61,00 – 80,99. Hasil tersebut didapat dari instrumen lembar validasi. Uji keefektivan produk LKPD berdasarkan data analisis hasil belajar dan mendapatkan hasil 82, 14. Hasil belajar diperoleh dari post-test dengan soal objektif berjumlah 25 soal. Nilai tersebut yang termasuk dalam kategori sangat efektif karena berada dalam rentangan skor 81,00-100. Uji keefektifan juga dilihat dari respons peserta didik dalam mengisi angket. Angket diberikan saat peserta didik telah melaksanakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil tabulasi angket respons peserta didik didapatkan hasil 85,17. Hasil tersebut diperoleh dari peserta didik yang mengisi angket 15 butir pernyataan. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat efektif karena berada dalam rentangan skor 81,00-100. Saran yang dapat diberikan yaitu, bagi peserta didik pembelajaran menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 Asal-Usul diharapkan untuk selalu belajar dengan semangat dan tekun. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya karena produk LKPD ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. .en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama: Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectpembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectPengembangan LKPDen_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul Pada Kelas Iv Sdn Serut 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 2 Oktober 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record