Show simple item record

dc.contributor.authorFORMARISTI, Heni
dc.date.accessioned2023-10-10T06:26:20Z
dc.date.available2023-10-10T06:26:20Z
dc.date.issued2022-02-04
dc.identifier.nim170210205050en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118210
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di kelompok B TK Dewi Masyithoh 67 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman, sedangkan uji reliabilitas menggunakan metode belah dua atau split-half. Analisis data untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus ttest sampel berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata saat posttest sebanyak 91,875, sedangkan pretest sebanyak 74,58. Hasil perhitungan ttest menggunakan perhitungan manual diperoleh thitung = 93,86. Hasil perhitungan ttest kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 untuk subjek sebanyak 20 anak ditemukan sebesar 2,086. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (93,86 > 2,086) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di TK Dewi Masyithoh 67 Kec Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Beberapa saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah hendaknya guru memanfaatkan Media Sosial Tik Tok untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dengan tetap memperhatikan video-video yang diberikan kepada anak harus sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Dalam penggunaan Media Sosial Tik Tok untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak hendaknya disertai dengan pengawasan guru atau orang tua. Guru bisa menambahkan variasi dalam belajar mengajar di sekolah agar dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik anak.en_US
dc.publisherFKIPen_US
dc.subjectMEDIA SOSIALen_US
dc.subjectKECERDASAN KINESTETIK ANAKen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Tahun Pelajaran 2021/2022 di Kecamatan Puger Kabupaten Jemberen_US
dc.identifier.prodiPG PAUDen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Nanik Yuliati M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record