• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DISERTAI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Octariana_1.pdf (282.3Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dewi Octariana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah siswa VIII B SMP Negeri 2 Rambipuji. Pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 26 November 2012 semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari hasil analisis aktivitas belajar didapatkan bahwa besarnya persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 72,21% yang dapat dikategorikan aktif dan pada siklus 2 mencapai 75,81% yang dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 3,6% dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 sebesar 84,09% dan pada siklus 2 sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Dari tahap-tahap model pembelajaran cooperative learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen tersebut siswa lebih termotivasi sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Model cooperative learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen membutuhkan pengelolaan kelas yang baik, guru juga harus lebih sabar dan teliti serta harus bisa mengelolah waktu sebaik mungkin agar pembelajar bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, serta diharapkan mampu untuk memberikan alternatif variasi pembelajaran matematika di sekolah sehingga guru dapat menggunakan model ini untuk pembelajaran matematika karena hasil belajar menggunakan model ini berbeda bahkan lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11816
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository