Show simple item record

dc.contributor.authorQOTHRUNNADA, Isni
dc.date.accessioned2023-10-04T07:16:28Z
dc.date.available2023-10-04T07:16:28Z
dc.date.issued2023-06-15
dc.identifier.nim190210101089en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118140
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15 Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan kini telah mengalai kemajuan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Pendidikan di Indonesia terus berupaya agar dapat menyesuaikan dinamika perkembangan teknologi, sehingga mampu selaras dengan kemajuan teknologi. Salah satu bentuk dari upaya penyelarasan tersebut dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran berupa media pembelajaran. Pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran ICT dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga meningkatkan antusias belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Adapun contoh dari media pembelajaran berbasis teknologi yakni game edukasi matematika Math Trip. Game edukasi ini berupa permainan yang memuat konten pendidikan yakni materi kesebangunan yang dimainkan pada perangkat smartphone berbasis android. Game edukasi ini terdiri atas enam level yang berisikan permasalahan terkait materi kesebangunan pada tiap level-nya dan telah disesuaikan dengan indikator ICT literacy untuk siswa. Maka dari itu, selain digunakan untuk media hiburan dan belajar, game ini dapat pula digunakan untuk meningkatkan ICT literacy siswa. Pembuatan game ini menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MZ, sehingga dihasilkan game dua dimensi dan dapat dimainkan secara offline. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu define, design, develope dan disseminate. Game edukasi yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif agar dapat dikatakan layak untuk dijadikan media pembelajaran dan dapat meningkatkan ICT literacy siswa. Kriteria valid ditentukan melalui hasil validasi oleh tiga validator dan kriteria praktis serta efektif ditentukan melalui hasil uji coba game kepada subjek penelitian yakni siswa kelas IX SMPN 14 Jember. Hasil dari pengembangan game edukasi Math Trip pada penelitian ini disajikan sebagai berikut: a. Kriteria kevalidan memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,95 berdasarkan penilaian validator, sehingga game edukasi dapat dinyatakan valid dengan interpretasi sangat tinggi. b. Kriteria kepraktisan memperoleh persentase hasil angket respons pengguna sebesar 85%, sehingga game edukasi dinyatakan praktis dengan kategori baik. c. Kriteria efektif diperoleh dari nilai N-Gain hasil angket ICT literacy sebesar 0,88 yang termasuk pada kategori tinggi dan nilai N-Gain hasil tes siswa dengan perolehan nilai 0,54 yang termasuk pada kategori sedang, sehingga game edukasi dinyatakan efektif. d. Peningkatan ICT literacy siswa diperoleh dari nilai N-Gain hasil angket ICT literacy dan hasil tes siswa dengan perolehan nilai sebesar 0,88 dan 0,54. Dengan demikian, penerapan game edukasi Math Trip dapat meningkatkan keterampilan ICT literacy siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa game edukasi matematika Math Trip berbasis android berbantuan software Role Playing Game (RPG) Maker MZ pada materi kesebangunan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan ICT literacy siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing 2 : Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGAME EDUKASIen_US
dc.subjectSOFTWARE ROLE PLAYING GAMEen_US
dc.subjectICT LITERACYen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengembangan Game Edukasi Matematika “Math Trip” Berbasis Android ‎Berbantuan Software Role Playing Game (RPG) Maker MZ pada Materi ‎Kesebangunan untuk Meningkatkan ICT Literacy Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif Fatahillah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd. M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record